©shutterstock

Liburan Seru Minim Pengeluaran, Bisa Kok!

Liburan tak harus mahal. Anda bisa lho pergi ke suatu tempat yang memilki banyak pesona tanpa harus keluar banyak biaya. Caranya? Gampang! Simak kiat-kiatnya berikut ini. Dijamin, liburan Anda pasti makin seru walaupun anggarannya sangat minim.

Buat Rencana

Karena dananya terbatas, Anda harus membuat rencana liburan jauh-jauh hari. Tuliskan semua keperluan secara rinci supaya bisa mendapat gambaran biaya totalnya. Carilah penginapan yang paling murah dan kunjungi tempat-tempat yang sekiranya tidak dipungut tiket masuk. Buat setidaknya 2-3 bulan sebelum waktu keberangkatan sehingga Anda punya waktu untuk merombaknya jika terjadi perubahan.

Manfaatkan Tiket Promo

Saat ini banyak maskapai penerbangan dan layanan tiket online yang berlomba-lomba mempromosikan tiket murah. Terkadang malah sekaligus dengan diskon penginapannya. Nah, Anda bisa memanfaatkan hal tersebut. Biasanya, semakin jauh hari keberangkatan harganya akan semakin murah. Beberapa maskapai bahkan memberikan tiket promo hingga nol Rupiah di jam-jam tertentu. Kalau tidak ingin ketinggalan, segera daftar jadi member supaya lebih mudah mengetahui informasi semacam ini.

Memilih Penginapan

Ada banyak penginapan dengan harga super murah yang bisa ditempati. Mulai dari hostel, hotel, hingga, wisma. Anda bisa browsing mana yang memiliki harga paling murah dan nyaman ditinggali. Kalau punya teman di tempat yang akan dituju, Anda bisa numpang sementara di sana. Bisa juga dengan memanfaatkan situs couchsurfing untuk mencari tempat tinggal sementara sekaligus teman baru.

Pilihan Hari

Liburan memiliki 2 musim. Yang pertama adalah peak season dan low season. Jika Anda pergi pada saat peak season maka sudah dipastikan semua harga akan naik hingga berkali lipat dan suasana sangat ramai. Maka dari itu, pilih saja waktu low season. Selain lebih hemat, kesempatan untuk mengeksplorasi suatu tempat dengan bebas akan lebih besar karena tak banyak wisatawan yang datang.

Mudah bukan? Liburan murah tidak kalah seru lho. Nikmati perjalanan Anda dan jangan lupa untuk mengabadikannya dalam tulisan ataupun lensa kamera. Selamat berlibur ya!

Share artikel ini:

Artikel Terkait