@shutterstock

Melihat Koleksi Hutan Lumut di Kebun Raya Cibodas

Bila Anda sering melihat berita di televisi setiap akhir pekan mungkin akan sering ditayangkan berita liburan di beberapa daerah. Salah satu yang tak pernah luput dari liputan para wartawan adalah kawasan Puncak Bogor. Kawasan ini memang menjadi destinasi favorit bagi warga kota besar, seperti Jakarta, Bogor dan Bandung untuk mengusir kejenuhan. Sayangnya, rencana untuk berakhir pekan ke daerah Cibodas ini sering berakhir tidak sesuai harapan.

Banyaknya orang-orang yang ingin menikmati liburan ke Puncak, membuat volume kendaraan tidak bisa terbendung. Hasilnya, kemacetan padat bahkan sampai mengular berkilo-kilo panjangnya. Sementara sudah terlanjur ada di Cibodas, kalau langsung balik kurang asyik kan? Masa hanya mau menghabiskan akhir pekan untuk merasakan kemacetan saja. Sebagai gantinya, berkunjunglah ke Kebun Raya Cibodas.

Jangan terburu-buru untuk menanyakan ‘apa yang menarik?’, masuk ke dalam dan jelajahi setiap bagian kebun yang didirikan oleh Johannes Elias Teijsmann pada tahun 1852 ini. Berbeda dengan kebun raya lain di Indonesia, Kebun Raya Cibodas cukup populer dengan koleksi Hutan Lumutnya. Kondisi tanahnya yang subur dan selalu lembap membuat hutan buatan ini begitu sempurna untuk mendukung kehidupan macam-macam lumut dari Indonesia hingga dunia.

Bagi yang belum pernah, tentu akan menjadi pengalaman baru untuk melihat hutan lumut. Apalagi saat sedang plesir bersama keluarga, koleksi lumut di Kebun Raya Cibodas bisa menjadi sarana edukasi yang tepat untuk mengenal alam secara lebih dekat untuk anak-anak. Kebun Raya Cibodas memiliki koleksi lumut sebanyak 216 jenis yang berasal dari penjuru Indonesia dan dunia.

Mulai lumut hati yang berwujud seperti karpet empuk yang enak untuk ditiduri atau dibuat gulung-gulung, hingga lumut daun yang berbentuk unik bahkan membuat takjub setiap orang yang melihatnya, semua bisa ditemukan di Hutan Lumut seluas 2500 meter persegi ini. Keuntungan yang akan didapat saat berkunjung ke sini area parkir yang luas, dokumentasi Wana Wisata Cibodas, areal bermain anak-anak sampai camping ground yang luas dan cocok untuk menghabiskan akhir pekan di tempat yang sejuk dan rindang.

Kebun Raya Cibodas bisa ditempuh dari arah Jakarta, Bogor dan Bandung baik dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun umum. So, tunggu apa lagi? Segera ajak keluarga berwisata alam ke sana yuk.

Share artikel ini:

Artikel Terkait