©shutterstock

Menambah Wawasan di Taman Pintar Yogyakarta

Yogyakarta tidak hanya dikenal sebagai kota wisata dan budaya, tapi juga kota pendidikan. Selain banyaknya lembaga pendidikan terkenal yang ada di kota tersebut, keberadaan Taman Pintar Yogyakarta kini menambah jajaran tempat wisata edukasi yang menarik untuk dikunjungi bersama keluarga.

Berada di jantung Kota Yogyakarta, tepatnya di Jalan Panembahan Senopati 1-3, tempat ini memiliki beberapa wahana yang akan memanjakan si Kecil sekaligus menjadi sarana yang tepat untuk mempelajari ilmu pengetahuan dan teknologi, yang dibagi dalam beberapa zona.

Zona Playground

Saat memasuki Taman Pintar, Anda akan disuguhi area Zona Playground. Jalan masuk dari pintu gerbang terbagi menjadi 2 oleh sebuah koridor yang terdiri atas 3 tiang berbentuk segitiga yang memancarkan air. Di ujung koridor ada sebuah gong bertuliskan Gong Perdamaian Nusantara (sarana persaudaraan dan pemersatu bangsa). Berbagai sarana permainan menarik ditemukan di area ini seperti Air Corridor, Parabola Berbisik, Dinding Berdendang, Pipa Bercerita, Cakram Spektrum Warna, Air Menari, Forum Batu, Indah Desa Saya, Tree House, Shaking Bridge, dan Sand Castle. Permainan-permainan ini dirancang untuk meningkatkan minat si Kecil terhadap IPTEK.

Zona Pendidikan Anak Usia Dini

Di antara Zona Playground terdapat gedung PAUD yang hanya diperbolehkan untuk si Kecil yang berusia 2-7 tahun. Bangunan ini dibagi menjadi 2, yaitu bangunan barat yang terdiri dari ruang tunggu, teknologi dan ilmu ruang, perpustakaan, Ruang Profesi, Ruang Budaya dan Agama. Sedangkan bangunan timur dibagi menjadi ruang tunggu, Kid’s Room Computer, Block Puzzle Room, Karaoke Room, dan Adventure Room.

Gedung Oval

Wahana sebenarnya di Taman Pintar adalah Gedung Oval. Anda akan memasuki terowongan bawah laut dengan pemandangan berbagai jenis ikan berenang bebas. Di dalamnya, berbagai permainan yang berkaitan dengan IPTEK dapat dicoba. Ibu tidak usah terlalu khawatir nantinya akan bingung, karena ada petugas yang siap melayani dengan ramah. Dari ruangan tersebut, berjalanlah melalui lorong berputar ke lantai 2 dengan gambar-gambar tokoh dunia seperti Copernicus dan Einstein, video tentang alam semesta dan bumi, simulator gempa dan tsunami, teknologi kontruksi, dan zona telekomunikasi. Selain Gedung Oval, ada bangunan persegi lokasi teater 4D dan laboratorium yang dapat digunakan oleh umum.

Tunggu apalagi? Segera kunjungi Taman Pintar Yogyakarta yang buka setiap hari kecuali hari Senin dan hari libur, cukup dengan membayar 10 ribu untuk anak-anak dan 18 ribu rupiah untuk orang dewasa.

Share artikel ini:

Artikel Terkait