@shutterstock

Mengenal Penyu Mungil di Pantai Sukamade

Pantai selalu menjadi tempat wisata yang menyenangkan untuk dijadikan tujuan berlibur. Salah satu pantai alami yang bisa Anda kunjungi adalah Pantai Sukamade, yang terletak kira-kira 97 km barat daya dari Kota Banyuwangi. Tepatnya berada dalam wilayah Dusun Sukamade, Desa Barongan, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Pantai Sukamade merupakan salah satu bagian dari Taman Nasional Meru Betiri dan zona pemanfaatan intensif untuk pengamatan telur penyu dan pelepasan tukik. Selama ribuan tahun, pantai ini dijadikan tempat bertelurnya penyu-penyu raksasa dari kawasan Samudera Indonesia dan Pasifik. Di dunia saat ini ada 7 spesies penyu yaitu Penyu Belimbing (Dermochelys coriacea), Penyu Slengkrah (Lepidochelys olivacea), Penyu Hijau (Chelonia mydas), Penyu Tempayan (Caretta caretta), Penyu Pipih (Narator depressus), dan Penyu Sisik (Eretmochelys imbricate). Empat jenis di antaranya pernah bertelur di pantai Sukamade, yaitu Penyu Belimbing, Slengkrah, Sisik, dan Hijau. Untuk Penyu Hijau, 2-3 ekor bertelur setiap hari di pantai ini.

Pada malam hari, pantai yang masih alami ini akan berubah menjadi surga penyu, terutama pada bulan November hingga Maret. Satu per satu, hewan laut ini akan menuju ke pantai untuk bertelur. Pemandangan inilah yang ditunggu-tunggu wisatawan, khususnya mancanegara. Biasanya pengunjung tidak diperbolehkan menyalakan lampu dan berbuat gaduh selama di pantai, agar tidak mengganggu proses penyu bertelur yang memakan waktu kurang lebih 3 jam. Selain menyaksikan langsung pemandangan penyu bertelur, pengunjung dapat turut serta dalam usaha konservasi penyu dengan mengikuti kegiatan pelepasan anak penyu yang baru menetas atau tukik, ke laut setelah ditempatkan di penetasan semi alami.

Tidak hanya pemandangan penyu yang bisa dinikmati di pantai ini lho. Pantai Sukamade yang berpasir putih mempunyai ombak yang bisa dimanfaatkan untuk berselancar. Obyek wisata lain adalah hutan mangrove yang terletak di muara timur Pantai Sukamade. Sungai di sekitar hutan ini bisa dimanfaatkan untuk berperahu kano sambil melakukan pengamatan burung. Anda juga dapat menikmati jalan kaki di pagi atau sore hari, melintasi hujan tropis yang sudah memiliki akses jalan setapak. Ada beberapa hewan yang sering terlihat di hutan tersebut seperti kelelawar besar, kijang, babi hutan, biwak, dan berbagai jenis burung, termasuk elang laut.

Tunggu apalagi, yuk rencanakan liburan ke Pantai Sukamade bersama keluarga ya.

Share artikel ini:

Artikel Terkait