©shutterstock

Menilik Gua Maria Kerep, Wisata Rohani Populer di Ambarawa

Kota Ambarawa memang tidak begitu populer sebagai tujuan wisata. Kalau pun ada yang berkunjung, tujuannya pasti ke Museum Kereta Api untuk naik kereta uap.  Namun kota kecil ini ternyata punya kawasan wisata religi yang disebut Gua Maria Kerep.

Gua ini merupakan tempat berziarah umat katolik. Di hari-hari besar keagamaan, Gua Maria Kerep penuh sesak dengan orang yang ingin beribadah dan menyepi di sana. Meski begitu, Anda yang non katolik juga boleh mampir ke Gua Maria Kerep. Suasana yang asri dan sejuk membuat banyak pengunjung betah berlama-lama meditasi untuk menyegarkan pikiran dari penat yang menghimpit.

Kalau dari arah Yogyakarta, ikuti jalan utama menuju Kota Solo untuk sampai ke sini. Setelah masuk Kota Ambarawa, Anda bisa langsung menuju Ketep, tempat di mana Gua Maria di bangun. Selain tempat beribadah, Gua Maria juga punya daya tarik lainnya yaitu taman gantung, area perkemahan, dan juga taman doa.

Bagi yang datang dengan tujuan beribadah, Anda bisa minta panduan dari pengurus gua agar tahu seluk beluk ruangan di dalamnya. Ada dua ruangan yang bisa didatangi jika ingin beribadah di sini. Yang pertama adalah taman doa. Di sini akan dijelaskan tentang pejuangan umat katolik. Yang kedua adalah stasi Jalan Salib yang sering digunakan peziarah untuk meditasi.

Di luar ruangan ini, Gua Maria Kerep juga memiliki area camping ground. Bagi yang ingin bermalam, bisa membangun tenda di camping ground atau menginap di kamar yang telah disediakan pengelola. Ada juga kapel dan gedung pertemuan yang sering digunakan untuk acara keagamaan pada hari-hari tertentu. Kalau lapar, di sekitar Gua Maria ada banyak warung-warung kecil yang menyediakan aneka macam makanan dan minuman.

Keluar dari Kota Ambarawa, Anda bisa sekalian mampir ke Kota Semarang. Ibukota Jawa Tengah ini juga punya banyak destinasi seru yang bisa dikunjungi. Tapi yang paling keren adalah kulinernya. Ada lumpia, sate kelinci, dan lain sebagainya. Jadi kapan nih mau berkunjung ke Gua Maria?

Share artikel ini:

Artikel Terkait