©shutterstock

Yuk Planning Akhir Pekan ke Pulau Kakaban!

Indonesia adalah negara yang kaya budaya, keindahan alam, dan keanekaragaman hayati. Banyak sekali tempat wisata yang ditawarkan negeri sendiri yang telah memukau wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Sebentar lagi sudah akhir pekan nih, Bunda. Sudah punya rencana untuk berjalan-jalan bersama keluarga? Jika belum, tidak ada salahnya mengunjungi Kakaban, si Danau Ubur-ubur di Pulau Kakaban, Kalimantan Timur.

Pulau kakaban merupakan bagian dari Kepulauan Derawan di Kabupaten Berau, di lepas pantai Kalimantan Timur. Kekhasan pulau ini adalah danau payau yang luasnya mencapai dua per tiga pulau. Ekosistem danau ini sangat unik karena merupakan perpaduan air laut yang telah diencerkan dengan air hujan dan air tanah. Danau ini memiliki kedalaman 11-17 meter dan dipenuhi ganggang hijau.

Danau payau yang ada di Pulau Kakaban menjadi tempat hidup beberapa spesies biota laut endemik, termasuk jutaan ubur-ubur dari 4 spesies. Proses evolusi yang terjadi mengakibatkan ubur-ubur tidak memerlukan racun sebagai pertahanan dirinya, misalnya ubur-ubur kotak yang termasuk makhluk paling mematikan di dunia, telah kehilangan sengatnya dan ukurannya menyusut hingga sepertiga ukuran normal. The Spotted Jellyfish tidak lagi mempunyai bintik-bintik dan Cassiopeia berenang terbalik dengan tentakel ke permukaan untuk mengambil makanan hasil fotosintesis ganggang hijau. Sementara itu, anemone putih telah berkembang menjadi spesies ubur-ubur predator yang pasif. Selain ubur-ubur, ada juga teripang, spons, kepiring, ular, dan kerang oranye-ungu-kuning.

Diving dan snorkeling di danau dikelilingi ubur-ubur yang tidak berbahaya akan menjadi acara pertama yang dilakukan. Akan tetapi, danau ini bukan satu-satunya daya tarik yang ditawarkan. Struktur geologi pulau juga memberikan tempat diving yang tidak kalah menakjubkan, seperti wall diving dan cave diving. Baracuda Point adalah dinding curam di tepi luar terumbu karang yang dihuni hiu macan tutul, hiu martil, pari, tuna, dan barakuda. Dinding tersebut juga ditumbuhi oleh karang-karang lunak yang melindungi hewan-hewan kecil seperti ikan-ikan dan beberapa jenis penyu. Blue Light Gua adalah salah satu tempat menyelam paling menarik di Indonesia. Pintu masuknya berupa celah selebar 2 meter dan menurun melewati terowongan sedalam 20 meter, yang berujung ke gua besar dan diterangi warna biru cahaya laut. Sayangnya, medan yang sulit hanya boleh dijelajahi oleh penyelam yang sudah berpengalaman saja.

Siap-siap untuk mendapatkan pengalaman baru menyelam bersama ubur-ubur? Yuk kunjungi Kakaban sekarang juga!

Share artikel ini:

Artikel Terkait