Tips Mencegah Jetlag Setelah Penerbangan Panjang

Anda berniat pergi ke Eropa atau Amerika dalam liburan akhir tahun ini? Jangan sampai saat santai Anda terganggu karena jetlag. Sebenarnya apakah jetlag, dan bagaimana menyiasatinya?

Jetlag terjadi karena terdesinkronisasinya jam biologis tubuh Anda akibat melakukan perjalanan secara cepat dengan melewati beberapa zona waktu sekaligus – jetlag bisa mempengaruhi kinerja fisik dan mental. Perlu beberapa hari agar tubuh Anda teraklimatisasi (terbiasa) dengan zona waktu yang baru.

Tips untuk menghindari jetlag:

  1. Minumlah cukup air, sebelum, ketika dan sesudah penerbangan untuk mencegah dehidrasi;
  2. Jangan merokok, minum minumam beralkohol, atau minum obat yang tidak perlu selama dalam penerbangan;
  3. Jika memungkinkan, selama beberapa malam, usahakan untuk pergi tidur lebih cepat jika Anda akan bepergian ke timur, dan lebih larut jika Anda akan bepergian ke barat.
  4. Lakukan sedikit senam di dalam pesawat. Berjalan-jalan mencegah terhambatnya aliran darah dan bengkak di kaki dan tungkai.

Share artikel ini:

Artikel Terkait