©shutterstock

Trip to Belitung, Negeri Laskar Pelangi

Mendengar kata ‘Belitung’ pasti yang pertama kali terlintas adalah film “LASKAR PELANGI. Yap! Pulau ini memang menjadi latar belakang film yang penuh inspirasi tersebut. Di samping itu, Belitung punya banyak pantai bagus dengan air biru tosca dan ombak yang tenang. Sangat cocok untuk dipakai berenang ataupun snorkeling melihat biota laut.

Untuk mencapai Pulau Belitung, Anda bisa mencari penerbangan menuju Tanjung Pandan. bisa juga lewat Pangkal Pinang dan nanti dilanjutkan naik perahu melintasi Selat Gaspar. Waktu terbaik untuk mengunjungi pulau nan eksotis ini adalah bulan April dan Juni, di mana laut sedang tenang-tenangnya dan langit nampak biru sempurna.

Ada beberapa tempat wajib dikunjungi jika Anda plesir ke sini, yaitu:

Pantai Tanjung Kelayang

Pantai cantik ini terletak 27 km dari pusat Kota Tanjung Pandan. Pasir putihnya yang lembut dan air lautnya yang jernih menjadi ciri khas Pantai Tanjung Kelayang, jadi tak usah heran kalau banyak wisatawan yang melancong ke sini. Keindahannya yang masih alami dan pantainya yang bersih membuat Anda pasti betah berlama-lama main di sini.

Pantai Tanjung Tinggi

Kalau Anda sudah nonton film Laskar Pelangi pasti tidak asing dengan pantai pasir putih dan bebatuan granit yang menjulang tinggi. Nah, di Pantai Tanjung Tinggi inilah scene tersebut diambil. Pantainya memang indah dan ombaknya cukup tenang, jadi bisa dipakai berenang. Letaknya memang lumayan jauh, yaitu sekitar 30 km dari pusat kota Tanjung Panda. Namun  perjalanan yang melelahkan akan terbayar lunas dengan panorama yang diberikan Pantai Tanjung Tinggi. Di sini ada banyak olahraga air yang bisa dicoba, mulai dari snorkeling, jetski, hingga kayaking. Ada juga resort dengan harga terjangkau yang bisa menjadi tempat bermalam menghabiskan waktu menikmati indahnya Pantai Tanjung Tinggi.

Pulau Lengkuas

Ingin melihat mercusuar dan cara kerjanya? Datang saja ke Pulau Lengkuas. Di sini ada mercusuar tua yang masih berfungsi hingga kini. Kalau Anda naik sampai ke puncak menara setinggi 50 meter ini, maka akan terlihat pemandangan yang spektakuler. Pantai di sini juga bersih dan air lautnya yang berwarna biru toska selalu menggoda wisatawan untuk berenang.

Menarik sekali ya. Jadi tunggu apalagi? Segera agendakan mengunjungi pulau cantik yang menyimpan banyak pesona menakjubkan ini. Selamat liburan!

Share artikel ini:

Artikel Terkait