©shutterstock

Wiiih, Kapal Laksamana Cheng Ho Kini Bisa Dipakai Berlayar Lho!

Siapa sih yang tidak mengenal Laksamana Cheng Ho yang terkenal sebagai penjelajah laut asal Tiongkok dari abad ke-15. Dalam perjalanannya, Cheng Ho juga berperan menyebarkan agama Islam ke seluruh Nusantara. Untuk melakukan napak tilas dan mengenang jasanya, kini ada paket wisata keluarga berlayar mengelilingi Indonesia dengan menggunakan Kapal Replika Laksamana Cheng Ho dari Golden City, Batam.

Diresmikan pada tanggal 21 Februari 2015 oleh Menteri Koordinator Kemaritiman Indroyono Soesilo dan didampingi Menteri Pariwisata Arief Yahya, perjalanan ini dinamakan Jalur Samudera Cheng Ho: Pelayaran Nusantara. Di dalam jalur pelayaran tersebut, terdapat 9 provinsi yang akan menjadi tujuan wisata, mulai dari Batam, Aceh, Palembang, Bangka dan Belitong, DKI Jakarta, Semarang, Cirebon, Surabaya, dan Bali. Paket wisata ini akan bermula dari Golden City, Bengkong, Batam. Di dalam kompleks wisata ini, sudah ada replika kapal yang diberi nama Golden Cheng Ho dan Masjid Cheng Ho yang sedang dalam tahap pembangunan.

Desain kapal dibuat semirip mungkin dengan aslinya, lengkap dengan ornamen-ornamen khas Tiongkok abad ke-15. Di dalam kapal tersebut, ada meja-meja makan yang disediakan bagi pengunjung untuk mengarungi muara sampai ke sungai, sekaligus menyantap aneka olahan seafood yang lezat. Ada 3 dek yang dapat dinikmati pengunjung yang naik ke atas kapal. Dek tengah merupakan ruang serbaguna yang diisi dengan meja makan yang kental nuansa Tiongkok, sedangkan dek bawah yang berukuran lebih luas dilengkapi dengan alat-alat musik dan meja bar. Dinding hingga langit-langit interior pada dek tersebut tak luput dari pengaruh Tiongkok, dengan hiasan ukiran bergambar naga. Untuk dek paling atas, dapat dimanfaatkan para wisatawan untuk berfoto ria dan menikmati relief yang menceritakan era dinasti Ming.

Selain menjelajah perairan, setiap kota yang akan disinggahi menyiapkan situs-situs yang menarik, seperti Semarang yang sudah siap dengan klentengnya. Diharapkan jalur wisata ini tidak hanya menambah referensi tempat liburan bagi pengunjung lokal, tapi juga mendongkrak  kunjungan  wisatawan mancanegara ke Indonesia.

Tertarik untuk mencoba pengalaman baru napak tilas penjelajahan laut ala Laksamana Cheng Ho? Buruan datang ke Batam ya.

Share artikel ini:

Artikel Terkait