Wadah makanan Plastik : Tidak semuanya dapat dipanaskan

Praktis dengan harga yang terjangkau merupakan tren yang ada saat ini. Oleh karenanya, sering ditemukan peralatan dapur berbahan dasar plastik sebagai wadah penyimpan makanan.

Selain mendukung keperluan penyimpanan bahan mentah ataupun hidangan siap saji; wadah plastik juga tampil dalam berbagai ukuran dengan desain yang menarik serta dapat digunakan ulang atau beberapa kali.

Sayangnya, kita sering menganggap remeh sisi keamanan yang berdampak negatif bagi kesehatan kita. Pengetahuan yang terbatas membuat kita kerap asal memilih ketika memutuskan untuk membeli wadah plastik.

Tanpa kita sadari ada banyak hal yang buruk yang mungkin timbul karena penggunaan yang tidak tepat ataupun pemilihan materi  plastik yang kurang aman.

Untuk alasan kesehatan, jangan gunakan wadah plastik untuk dipanaskan dengan oven microwave atau yang lainnya. Kenapa?

Plastik adalah produk industri kimia, selama digunakan sesuai aturan akan memberi kebaikan. Agar kita juga keluarga terhindar dari masalah kesehatan akibat penggunaan bahan plastik  yang salah, yuk ikuti beberapa catatan penting.

Bacalah dengan cermat tipe atau detil yang ada dibagian bawah wadah plastik. Jika tercantum nomer atau angka daur ulang (recycling) 3 atau 7 kemungkinan besar materi plastik mengandung BPA (bisphenol A) atau phthalates (digunakan utk pembuatan plastik PVC) akan diserap tubuh dan berpotensi menggangu keseimbangan hormon. Ini akan lebih berbahaya lagi bagi si Kecil yang masih dalam usia pertumbuhan. Untuk itu, hanya gunakan wadah dengan tipe bebas BPA atau PVC.

Sudah banyak negara didunia yang melarang penggunaan plastik jenis ini dalam materi botol untuk balita. Untuk amannya, gunakan plastik dengan angka daur ulang 2, 4 atau 5 yang terkategorikan ideal sebagai tempat penyimpan makanan (food grade).

Selanjutnya, sewaktu memanaskan hidangan, selalu gunakan wadah gelas atau keramik di dalam oven microwave walau tertulis wadah plastik aman untuk dipanaskan. Semua wadah plastik dapat dianggap mengandung racun kimia, apabila dipanaskan karena bahan kimia tersebut dapat meresap, bercampur dengan makanan yang ada didalamnya. Seringkali kita mendapat wadah ini sewaktu membeli hidangan dari resto untuk dibawa pulang. Sebaiknya, segera pindahkan hidangan sebelum dipanaskan.

Sekarang tiba waktunya untuk memastikan jenis bahan plastik yang sesuai dan aman. Tidak perlu panik dengan menyingkirkan semi wadah berbahan plastik.cukup pastikan semua aman seperti catatan diatas. Dan mulailah mengganti secara bertahap dengan wadah berbahan gelas yang bertutup, tentunya dari plastik bebas BPA dan PVC. 

Share artikel ini:

Artikel Terkait