Wajib Ada di Dapur Anda!

Keterbatasan waktu karena bekerja, seringkali membuat para ibu harus menyiapkan makanan siap  santap dalam sekejap. Lantas bahan apa saja yang wajib ada di dapur agar bisa membuat hidangan yang cepat dan praktis?

 

Sebagai wanita karir sekaligus ibu rumah tangga, menyiapkan hidangan sehat untuk keluarga merupakan kewajiban. Meskipun ada pembantu di rumah, jenis menu yang akan dimasak dan stok bahan pangan tetap harus dikontrol. Tujuannya agar keluarga tetap mendapatkan makanan sehat dengan kandungan nutrisi yang seimbang.

Kendalanya adalah keterbatasan waktu, jangan berkecil hati. Simak kiat berikut agar Anda tetap bisa menyajikan masakan untuk keluarga meskipun dengan waktu yang terbatas.

1.      Darurat Makan Pagi

Dalam keadaan darurat, Anda tentu tidak perlu repot-repot menanak nasi atau membuat bubur ayam untuk sarapan pagi. Siasati dengan menyiapkan sumber karbohidrat instan di dalam lemari dapur Anda.

Pastikan sumber karbohidrat instan seperti corn flakes, sereal instan, bubur instan, mi instan, atau roti tawar selalu tersedia di rumah. Bahan pangan ini sangat membantu jika sewaktu-waktu diperlukan menu cepat saji. Seperti untuk hidangan sarapan pagi.

Dengan berbekal corn flakes,  Anda tinggal mencampurnya dengan susu segar kemasan sebagai sumber protein dan potongan buah-buahan sebagai sumber vitamin. Atau Anda tinggal menyeduh bubur instan dengan air panas dan taburan abon sapi. Mengoles roti dengan mentega, memberinya beberapa potong tomat, dan lembaran keju juga cukup praktis. Dijamin cukup dengan waktu 5 menit, menu sarapan sehat sudah siap santap.

2.      Makan Siang Praktis

Menu makan siang diperlukan hidangan lebih lengkap. Namun bukan berarti diperlukan waktu lama menyiapkannya. Maksimalkan fungsi lemari pendingin dan freezer dengan menyetok bahan pangan seperti kornet, nugget ayam, ikan kalengan, sosis, bakso, telur, dan sayuran beku siap olah. Pastikan bahan-bahan ini tersedia di dalam kulkas. Pecayalah, dengan stok bahan pangan yang ada, menyiapkan makan siang cukup dengan waktu 10 menit.

Selain stok bahan pangan di kulkas, kiat praktis membuat makan siang juga bisa disiasati dengan membuat stok spaghetti yang sudah direbus atau nasi di dalam rice cooker. Jika kedua bahan ini tersedia, Anda tinggal menumis bumbu nasi goreng instan, tambahkan potongan sosis dan sayuran beku.  Masukan spaghetti atau nasi, masak hingga matang. Hasilnya, dalam sekejap nasi goreng sosis atau spaghetti goreng sosis siap santap sebagai menu makan siang. Paraktis bukan?

3.      Makan Malam 25 Menitan

Saat pulang kerja di sore hari, bukan berarti Anda harus leha-leha beristirahat. Sebagai ibu yang baik, tentu Anda rela menyisihkan waktu 25 menit untuk menyiapkan santap malam untuk keluarga.

Pilih menu masakan yang praktis dan tidak memerlukan waktu lama dalam memasak. Contohnya, campur telur dengan kornet dan bumbu racik siap pakai, panaskan minyak, goreng sebentar. Omelette kornet yang lezat tercipta dalam sekejap. Atau cobalah membuat tumisan praktis, seperti bakso dengan sayuran beku. Anda tinggal memanaskan minyak, tumis bawang bombay dan bawang putih. Tambahkan potongan bakso dan sayuran beku. Tambahkan saus tiram, lada, dan garam. Cukup hanya dengan waktu 10 menit tumis bakso sayuran akan tersaji di meja makan.

Jika Anda memiliki stok nugget ayam atau chicken wing beku. Anda tinggal menggorengnya sebentar sebagai penyerta lauk santap malam. Percayalah, jika Anda menyetok bahan pangan instan, semuanya akan menjadi paktis dan mudah.

4.      Jangan Lupa Buah Segar

Pastikan di dalam kulkas selalu tersedia buah segar! Kebutuhan nutrisi tubuh tidak hanya sumber karbohidrat, protein, dan lemak. Masih ada unsur  vitamin dan mineral esensial yang harus disajikan agar tercipta menu dengan gizi seimbang. Sumber vitamin dan mineral paling baik jika disajikan dalam kondisi segar.

Pilih stok buah segar yang tahan lama, seperti apel, pir, kiwi, atau anggur. Buah-buahan ini akan bertahan segar dalam kulkas hingga waktu satu minggu.

5.      Gunakan Bumbu Siap Pakai

Selain bahan pangan di atas, bumbu siap pakai juga harus selalu tersedia. Dengan menyiapkan bumbu siap pakai, waktu Anda tidak banyak tersita hanya untuk menyiapkan bumbu-bumbu. Saat ini di pasaran banyak dijual saus masak dan bumbu siap pakai untuk beragam jenis masakan. Mulai dari bumbu nasi goreng, bumbu tumisan, bumbu sup, hingga bumbu soto.

Jika ada waktu senggang, misalnya saat hari libur. Luangkan waktu untuk membuat stok bumbu dasar segar. Seperti bumbu dasar  merah, bumbu dasar kuning, atau bumbu dasar putih. Simpan di dalam kulkas. Dengan cara ini, bumbu segar dapat bertahan hingga satu minggu dan Anda siap menggunakan saat diperlukan. Praktis bukan? Have a nice cooking!

Share artikel ini:

Artikel Terkait