Yuk..Berlibur Sambil Berkebun

Libur sekolah telah tiba. Bagi para orangtua saat seperti ini biasanya sedang disibukan dengan menentukan tempat yang tepat untuk berlibur. Lantas, tempat mana yang cocok untuk keluarga dan anak-anak berlibur? Wisata sambil berkebun bisa menjadi pilihan wisata yang menyenangkan dan sarat muatan edukasi.

 

Pilihan lokasi untuk berlibur banyak ragamnya, seperti sekedar jalan keliling kota, pergi ke pantai,  mengunjungi kebun binatang atau melihat benda bersejarah di museum.  Bagi Anda yang belum menentukan akan ke mana menghabiskan waktu beribur bersama sang buah hati, wisata perkebunan bisa menjadi pilihan menarik. Selain menyenangkan, wisata perkebunan juga mendidik anak lebih mencintai lingkungan. Banyak kegiatan yang bisa dilakukan saat berlibur di perkebunan, Anda dan anak-anak bisa belajar bercocok tanam seperti, menyemaikan benih, menyiapkan media tanam, memilih jenis tanaman, serta memetik buah dan sayuran.

 

Selain belajar bercocok tanam dan mengenal aneka jenis tanaman, jangan lupa jelaskan juga manfaat sayuran dan buah. Seperti sayuran merupakan sumber vitamin dan mineral yang berfungsi menjaga dan memelihara kesehatan tubuh. Agar lebih mudah diingat oleh anak, Anda bisa mengajarkan dengan cara membedakan kandungan nutrisi buah dan sayuran dari warnanya. Seperti tomat berwarna merah karena mengandung likopen yang berfungsi sebagai antioksidan. Wortel berwarna oranye, kaya akan vitami A, jeruk dengen warna kuning merupakan sumber vitamin C. Sedangkan daun bayam  atau brokoli yang berwarna hijau kaya akan klorofil dan vitamin A yang bermanfaat untuk kesehatan mata.

 

Berlibur ke mana?

Taman Wisata Mekarsari: Saat ini banyak lokasi wisata perkebunan yang menawarkan paket liburan berkebun untuk keluarga dan anak-anak. Bagi Anda yang berada di sekitar Jakarta, Taman Wisata Mekarsari bisa menjadi pilihan. Selain dekat, taman yang letaknya di Jalan Raya Cileungsi, Bogor-Jawa Barat memiliki pilihan wisata berkebun. Seperti paket menanam padi atau paket menanam buah dalam pot.

Di sini Anda dan anak-anak akan diajarkan bagaimana cara menanam padi, buah dan sayuran mulai dari pembibitan hingga pemanenan. Anak-anak juga akan diajarkan bagaimana cara mengolah media tanam yang baik untuk tanaman buah dan sayuran. Lelah berkebun, Anda dan anak-anak bisa memetik aneka buah segar dalam pot sekaligus bisa memakannya di tempat.

 

Kawasan Ciwidey Bogor: Apabila Anda ingin mebawa anak-anak berkebun sambil menikmati hawa pegunungan yang sejuk dengan pemandangan yang indah, kawasan Ciwidey, Bandung-Jawa Barat bisa dijadikan pilihan. Di kawasan Ciwidey dan Rancabali banyak dijumpai perkebunan buah dan sayuran seperti,  stroberi, tomat, daun selada dan brokoli. Di perkebunan ini Anda dan anak-anak bisa melihat bagaimana para petani bertanam buah dan sayuran secara organik. Mereka umumnya juga menjual media tanam serta bibit tanaman yang bisa bisa Anda beli untuk ditanam di rumah.

Tentu sangat meyenangkan dan pengalaman baru untuk anak-anak, kapan lagi mereka bisa memilih dan memetik stroberi segar langsung dari kebunnya?  Masih di kawasan ini, sepanjang jalan banyak dijual buah stroberi segar sebagai oleh-oleh. Beragam olahan stroberi seperti yoghurt stroberi, dodol stroberi, sirup dan  selai stroberi bisa menjadi buah tangan. Kini anak-anakpun tau, jika buah stroberi yang kaya akan vitamin, mineral dan serat ternyata bisa diolah menjadi bahan baku selai dan dodol.

Perkebunan Kusuma Argowisata: Apabila Anda dan anak-anak memiliki waktu berlibur cukup panjang, cobalah ajak buah hati Anda berjalan-jalan ke kota Malang, tepatnya ke perkebunan Kusuma Agrowisata. Perkebunan setra apel Malang ini lokasinya berada di Jalan Abdul Gani Atas, Batu, Malang - Jawa Timur. Anak-anak pasti akan menyukai kawasan kebun apel yang sangat luas ini.

Saat berkeliling perkebunan berikan penjelasan terhadap anak-anak bahwa ada beberapa jenis varietas buah apel yang ditanam diperkebunan. Seperti apel jenis Ana, apel Manalagi dan Rome Beauty. Ajak mereka mengenal dan membedakan ciri-ciri dari ketiga jenis apel ini. Sembari memetik buah apel, jelaskan bahwa apel kaya akan vitamin A, vitamin C dan serat yang dapat menjaga kesehatan sistem pencernaan. Buah apel segar juga bisa diolah menjadi keripik apel, dodol apel, brownies apel, sirup apel serta cake apel. Agar anak tidak penasaran dengan rasa olahan buah apel, Ajak anak-anak mencicipi olahan buah apel yang banyak dijajakan dikawasan wisata Kusuma Argowisata. 

Wajib dibawa

 

Libur di perkebunan biasanya jauh dari kota, agar liburan berjalan lancar, siapkan hal-hal sebagai berikut.

1.      Jika perjalanan dilakukan menggunakan kendaraan pribadi, pastikan kendaraan dalam kondisi baik dan siap jalan. Jika perjalanan melakukan kendaraan umum, pastikan tiket dibeli jauh hari sebelumnya dan jangan sampai tertinggal.

2.      Bawa kotak obat dan lengkapi dengan cairan antseptik, plester , obat alergi, obat mabuk perjalanan, penurun demam dan obat diare. Ini penting karena seringkali ganguan kesehatan ringan datang tidak terduga saat sedang berwisata.

3.      Bawa bekal makanan dan minuman yang cukup, sebisa mungkin hindari makanan jajan yang belum tentu terjaga kebersihan dan kesehatannya. Pastikan makanan tidak terlalu menggunakan bumbu tajam karena seringkali menimbulkan ganguan pencernaan. Makanan bersantan juga sebaiknya dihindari karena akan cepat basi.

4.      Jika terpaksa makan di restoran atau rumah makan, pilih restoran yang sehat dan terjamin kebersihannya.

5.      Bawa baju ganti, mengingat liburan berkebun seringkali menjadikan pakaian dan sepatu anak menjadi kotor.

Share artikel ini:

Artikel Terkait