Khasiat Kencur Sebagai Obat Batuk Alami

Batuk merupakan salah satu jenis penyakit yang paling sering diderita oleh anak-anak bakan orang dewasa. Apalagi di saat musim penghujan dan cuaca yang kering serta terik, penyakit batuk sangat mudah menjangkit tubuh. Selain batuk kering, terkadang batuk berdahak terasa lebih menyiksa ketimbang batuk kering, karena tenggorokan terasa penuh lendir yang harus dikeluarkan.

Saat seseorang terserang batuk, tubuh akan merasa tidak nyaman dan aktivitas pun jadi terhambat, bahkan batuk juga bisa mengganggu waktu istirahat. Oleh karena itu, batuk tetap harus diwaspadai, apalagi jika batuk yang melanda tidak kunjung sembuh.

Banyak sekali obat batuk yang dijual di pasaran. Namun tak jarang obat batuk tersebut tidak cocok karena memiliki efek samping yang buruk bagi kesehatan, khususnya bagi anak-anak yang masih sensitif terhadap bahan-bahan kimia tertentu. Karena alasan inilah orang tua cenderung memilih obat batuk tradisional untuk anak karena tidak mengandung bahan kimia berbahaya dan minim efek samping.

Seperti yang kita ketahui, Indonesia merupakan negara yang kaya akan khasanah tanaman obat. Hampir seluruh tanaman rempah di Indonesia bisa dijadikan sebagai obat herbal. Maka tak ada salahnya jika Ibu memanfaatkan kekayaan alam tersebut. Cobalah dengan memanfaatkan khasiat kencur sebagai tanaman herbal atau disebut juga tanaman apotik hidup. Selain sebagai bumbu dapur, ternyata khasiat kencur dapat dijadikan sebagai obat batuk alami yang sangat berkhasiat, baik bagi dewasa ataupun anak-anak.

Kencur mengandung zat gizi berupa vitamin C, beta karoten, kalsium, dan vitamin B kompleks. Selain itu khasiat kencur juga dikenal karena memiliki beberapa kandungan senyawa kimia yang dapat membantu penyembuhan penyakit, seperti senyawa aromatic, monoterpena, dan seskuiterpena yang mempunyai efek mengurangi dan menghilangkan rasa nyeri. Kandungan minyak atsiri dalam kencur yang bersifat karminativum, juga bisa berkhasiat sebagai penambah nafsu makan.

Khasiat kencur sebagai obat batuk alami memang sudah lama digunakan dalam praktek pengobatan tradisional. Obat tradisional yang sederhana ini telah terbukti dapat meredakan batuk berdahak karena ampuh mengencerkan dahak. Rasa hangat saat meminum ramuan kencur pun akan membuat tubuh dan saluran pernapasan lebih lega.

 

Cara mengolah khasiat kencur sebagai obat batuk alami pun sangat mudah, seperti berikut ini.

Bahan :

  • 2-3 Rimpang Kencur
  • Madu
  • Sedikit Garam

 

Cara Membuat :

  1. Cuci bersih kencur, lalu kupas kulitnya.
  2. Parut kencur hingga halus, lalu peras dan ambil airnya.
  3. Tambahkan dengan sedikit air agar rasanya tidak pekat. Ibu juga merebusnya terlebih dahulu agar terasa lebih hangat.
  4. Campur dengan sedikit garam.
  5. Agar rasanya lebih enak untuk diminum si kecil, tambahkan sedikit madu untuk memberikan rasa manis
  6. Aduk semua ramuan tersebut hingga tercampur rata.
  7. Minum ramuan tradisional dari kencur ini 2 kali sehari setiap selesai sarapan dan sebelum tidur. Minum secara rutin agar khasiat kencur sebagai obat batuk alami semakin efektif. 

Share artikel ini:

Artikel Terkait