10 Istilah Umum Ditemui Pada Label Nutrisi

Mulai dari makanan pokok, snack, minuman kaleng, jus buah kemasan bahkan makanan siap saji sekarang sudah banyak menyertakan label nutrisi. Selain menjadi syarat wajib produk kemasan saat dipasarkan, label nutrisi sebenarnya memberikan banyak pengetahuan bagi orang yang membacanya. Dari label nutrisi pula, Anda dapat mengetahui berapa banyak kandungan gizi yang ada pada masing-masing asupan.

Apabila Anda mengamati dengan cermat, sebenarnya ada istilah yang sama dan sering dijumpai pada label nutrisi. Penasaran apa saja itu? Berikut ini ulasan yang didasarkan dari lansiran Food and Drug Administration, Amerika Serikat.

Label

Istilah yang pertama tentu saja label. Kata ini merujuk pada kolom yang terlampir di belakang setiap kemasan, baik makanan maupun minuman.

Kalori

Merupakan satuan yang digunakan untuk menggambarkan berapa banyak energi yang bisa dihasilkan dari setiap makanan atau minuman kemasan.

Karbohidrat

Ada pula karbohidrat yang merupakan salah satu sumber nutrisi yang ada dalam setiap makanan atau mungkin minuman kemasan.

Lemak

Sama halnya karbohidrat, lemak menjadi salah satu sumber nutrisi yang ada dalam suatu makanan atau minuman kemasan.

Protein

Termasuk salah satu sumber nutrisi dan selalu tertulis dalam label nutrisi setiap makanan atau minuman kemasan.

Vitamin

Masih termasuk sebagai kelompok sumber nutrisi, vitamin memiliki peranan yang penting bagi tubuh. Tak heran jika sering dimasukkan dalam label nutrisi.

Gula

Mewakili jumlah kandungan gula yang terkandung pada setiap makanan dan minuman yang dipasarkan dalam bentuk kemasan. Banyak tidaknya kandungan gula dapat dilihat di sini.

Ukuran sajian

Berada pada urutan pertama label nutrisi, ukuran atau takaran sajian menjelaskan berapa banyak konsumsi yang diperbolehkan dalam sekali konsumsi. Hal ini ditujukan agar Anda tak sampai berlebihan dalam mengasupnya.

Komposisi

Adalah beberapa jenis bahan yang digunakan untuk membuat suatu makanan atau minuman dalam bentuk kemasan.

Persen harian

Terakhir ada persentase harian yang menggambarkan berapa persen asupan suatu nutrisi yang dapat diserap tubuh dalam sekali makan atau minum suatu produk kemasan.

Nah, itu dia 10 istilah yang sering Anda temui saat membaca label nutrisi. Sudah paham kan?

Share artikel ini:

Artikel Terkait