vote

4 Gejala Demam Berdarah Yang Wajib Diwaspadai Sejak Dini

Demam berdarah dengue dapat menjadi penyakit yang tergolong berbahaya. Apabila terlambat ditangani, keselamatan jiwa penderita demam berdarah akan terancam.

  • Rate Artikel ini

Demam berdarah dengue dapat menjadi penyakit yang tergolong berbahaya. Demam berdarah, yang merupakan penyakit akibat nyamuk aedes aegypti, ini umumnya ditandai dengan gejala utama demam tinggi. Penderita demam berdarah dapat mengalami demam dengan suhu badan mencapai 40 derajat celcius. Pada beberapa kasus, bahkan penyakit ini dapat mengakibatkan kematian jika tidak ditangani lebih lanjut. Gejala demam berdarah pada dewasa maupun anak-anak sebenarnya sama, tetapi penanganan ekstra harus diberikan kepada anak-anak karena daya tahan tubuhnya yang belum sekuat orang dewasa.

Apabila demam tidak kunjung sembuh dalam waktu beberapa hari, segera lakukan pemeriksaan ke dokter ya, Bu. Terlebih lagi, selain demam tersebut, Ibu perlu mencurigai apabila terdapat dua gejala demam berdarah yang lain, di antaranya seperti :

  1. Nyeri otot dan persedian

Apabila Ibu mengalami pegal pada otot dan persendian setelah beraktivitas padat, hal tersebut merupakan hal yang wajar. Namun, apabila nyeri otot dan persedian yang dialami juga disertai demam, Ibu berkonsultasi ke dokter lebih lanjut karena nyeri otot dan persendian juga dapat menjadi salah satu gejala demam berdarah.

  1. Mual dan muntah

Mual serta muntah termasuk gejala demam berdarah yang tidak dapat dianggap remeh. Selain mual dan muntah, penyakit ini juga dapat menyebabkan kehilangan nafsu makan. Padahal, penyakit demam berdarah merupakan penyakit yang tidak memiliki obat khusus, selain istirahat, asupan gizi yang baik, serta konsumsi cairan yang cukup. Agar kesehatan penderita membaik, usahakan untuk tetap memberikannya makanan bergizi agar kondisi badannya tidak menurun.

  1. Ruam merah pada kulit

Salah satu gejala demam berdarah yang tampak pada penderita adalah ruam merah pada kulit. Ruam merah tersebut muncul akibat pendarahan pada kulit. Namun, gejala ini kini tidak selalu muncul sebagai gejala utama demam berdarah. Menurut dr Hittoh Fattory SpA, dokter spesialis anak dari Rumah Sakit Umum Daerah Balikpapan, tidak semua kasus demam berdarah dengue kini memiliki gejala khas ruam merah pada kulit.

  1. Mimisan dan gusi berdarah

Gejala demam berdarah ini merupakan bentuk lain dari pendarahan, selain ruam merah pada kulit. Gejala ini juga muncul apabila penyakit demam berdarah sudah tergolong parah. Jika gejala ini muncul pada penderita, konsultasi ke dokter perlu dilakukan segera agar penanganan lebih lanjut tidak terlambat dilakukan.

Artikel Terkait

Terbaru