4 Gejala Penyakit Gondongan yang Perlu Ibu Ketahui

Ibu tentu ingin menjaga dan memberikan perlindungan terbaik pada si Kecil. Jika si Kecil menghadapi sakit apapun, pasti Ibu kemudian mencari obat yang tepat untuk penyakitnya. Terlebih jika penyakit yang diderita si Kecil jarang ditemui, seperti penyakit gondongan yang memiliki rasa nyeri cukup luar biasa.

Ibu, gondongan ialah suatu penyakit yang dapat menyebabkan bengkaknya kelenjar ludah dan biasa disebabkan oleh infeksi virus sehingga Ibu harus menjaga si Kecil dengan seksama, terutama tentang kebersihannya. Oleh karena itu, Ibu harus tahu benar gejala atau tanda-tanda dari penyakit ini. Agar dapat segera mengambil tindakan jika si Kecil mengalami penyakit tersebut. Jika Ibu masih awam dengan gejala penyakit gondongan, mari simak beberapa gejala penyakit gondongan tersebut di bawah ini.

  1. Demam

Mungkin sekilas demam merupakan salah satu penyakit yang sering terjadi pada si Kecil, tetapi Ibu tetap harus memperhatikan disertai apakah demam yang terjadi pada si Kecil, misalnya kondisi wajahnya mengalami bengkak atau tidak.

  1. Nafsu makan berkurang

Jika si Kecil mengalami penurunan nafsu makan maka Ibu tidak dapat menyepelekannya, terlebih jika terjadi secara tiba-tiba sebab bisa jadi pengurangan nafsu makan tersebut merupakan efek dari sulit menelan akibat gondongan. Hal itu disebabkan oleh adanya pembengkakan pada kelenjar ludah pada rahang dan leher,

  1. Nyeri sendi

Ini merupakan ciri khusus jika si Kecil mengalami gondongan. Ketika mengunyah makanan si Kecil akan merasa tidak nyaman serta lebih berat, bahkan akan sulit dalam menelan makanan. Hal tersebut karena adanya rasa sakit di bagian sendi. Selain itu, Ibu juga wajib memperhatikan bagian leher si Kecil, sebab akan terasa sakit ketika disentuh. Jadi Ibu harus segera tanggap jika si Kecil mengeluh sakit pada bagian tersebut.

  1. Sakit kepala

Jenis penyakit seperti demam dan sakit kepala memang merupakan penyakit yang umum terjadi dan tidak selalu tanda dari gondongan. Namun, tidak ada salahnya jika Ibu berhati-hati terhadap gejala tersebut.

Bila Ibu khawatir atau curiga si Kecil mengalami gondongan, maka konsultasikan ke tenaga kesehatan untuk memeriksakan kondisi si Kecil lebih lanjut.

Share artikel ini:

Artikel Terkait