vote

4 Hal Yang Dibutuhkan Tubuh Untuk Menunjang Kesehatan Wanita

Seiring usia yang semakin bertambah, Ibu perlu menerapkan pola hidup sehat. Terlebih lagi, kesehatan wanita, dalam beberapa hal memiliki kondisi yang cenderung berbeda dibandingkan pria.

  • Rate Artikel ini

Seiring usia yang semakin bertambah, Ibu perlu menerapkan pola hidup sehat. Terlebih lagi, kesehatan wanita, dalam beberapa hal memiliki kondisi yang cenderung berbeda dibandingkan pria. Guna menjaga kesehatan tubuh, Ibu perlu mendapatkan nutrisi dari makanan yang bergizi. Lalu, apa saja nutrisi yang dibutuhkan oleh wanita agar kesehatannya dapat tetap terjaga?

  1. Zat Besi

Baik menjadi wanita karier ataupun ibu rumah tangga tentunya memerlukan stamina yang cukup. Hindari kondisi lelah dan lesu dengan mengonsumsi zat besi yang cukup. Zat besi akan membantu Ibu mengatasi anemia. Konsumsilah daging, makanan laut, sereal serta sayuran berdaun hijau secukupnya agar tidak kekurangan zat besi.

  1. Asam Folat

Asam folat banyak dibutuhkan selama masa kehamilan agar kesehatan janin tetap terjaga. Namun, di luar masa kehamilan, asam folat juga merupakan nutrisi yang diperlukan untuk menunjang kesehatan wanita, terutama pada masa subur. Asam folat dapat membantu tubuh agar membentuk jaringan baru serta membentuk sel darah merah. Agar tidak kekurangan asam folat, Ibu perlu mengkonsumsi buah-buahan, kacang-kacangan, serta sayuran hijau. Jumlah asam folat yang dibutuhkan wanita dewasa per harinya adalah 400 mikrogram.

  1. Vitamin B12

Seiring pertambahan usia, vitamin B12 dalam tubuh wanita semakin berkurang. Vitamin ini berfungsi untuk meningkatkan kemampuan daya ingat, mood, konsentrasi, dan juga energi. Sehingga, apabila Ibu mengalami kekurangan vitamin B12, dampak yang akan dialami di antaranya adalah mudah lelah, mengalami penurunan berat badan, memori yang berkurang, depresi, bahkan demensia. Vitamin B12 dapat ditemukan pada daging, ikan, susu, telur, serta sereal.

  1. Kalsium

Kalsium merupakan nutrisi yang penting bagi kesehatan wanita. Fungsi utama dari kalsium adalah membantu pembentukan tulang yang kuat. Apalagi, kehamilan dan menyusui, merupakan dua momen yang dapat membuat tubuh Ibu kehilangan banyak asupan kalsium. Semakin tua, terutama menjelang usia menopause, kemampuan tubuh wanita untuk membentuk sel tulang baru akan berkurang. Selain mengonsumsi susu, Ibu juga dapat memperoleh kalsium dari kedelai, brokoli, kol, ikan salmon, serta sereal.

Artikel Terkait

Terbaru