5 Fakta Nutrisi Yang Perlu Diketahui

Dewasa ini pemahaman akan nutrisi sudah semakin mudah untuk dilakukan. Mulai dari penyajian label nutrisi yang dapat membantu memahami kandungan gizi pada makanan secara mudah, hingga beragam media yang bisa digunakan untuk memahaminya secara lebih mudah khususnya pada anak-anak. Meski demikian, tak bisa dipungkiri bahwa masih banyak orang yang belum paham tentang beberapa fakta nutrisi.

Kris Gunnars, seorang pakar nutrisi dan kesehatan, sekaligus CEO dan Pendiri 'Medical Student' Amerika Serikat, memaparkannya sebagai berikut.

Banyak gula, banyak penyakit

Gula memang menjadi salah satu sumber kalori yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Dengan gula ini, tubuh dapat melangsungkan proses metabolisme dengan lebih lancar. Hasilnya tubuh akan memiliki banyak energi untuk menjalani beragam aktivitas sepanjang hari. Namun, jika gula ini digunakan dalam jumlah banyak, maka juga akan menyebabkan risiko penyakit yang serius, seperti diabetes. Ironisnya, banyak orang yang sering menggunakan tambahan gula dalam setiap sajian.

 

Omega-3 penting bagi otak

Tak banyak orang yang tahu bahwa nutrisi yang satu ini sangat berperan dalam membangun sistem tubuh. Kekurangan omega-3 dapat menyebabkan otak tak bisa bekerja maksimal, sehingga rawan mengalami kebodohan. Salah satu makanan yang jarang dimakan secara rutin adalah ikan. Orang lebih memilih junk food atau fast food. Padahal, ikan adalah sumber omega-3 yang paling melimpah.

 

Bahaya lemak trans

Siapa yang tak suka dengan gorengan? Makanan yang berasa gurih dan selalu menggoda nafsu makan ini memag banyak diminati orang. Tapi, tahukah Anda jika minyak goreng merupakan sumber lemak trans yang paling besar. Lemak tak sehat ini akan menyebabkan beragam gangguan penyakit yang berbahaya, khususnya yang berhubungan dengan organ dalam, seperti jantung.

 

Sehat dengan sayuran

Sayuran menjadi salah satu makanan yang sepi penggemar, terutama bagi mereka yang enggan untuk menjalani gaya hidup sehat. Padahal jika tahu, makanan ini merupakan sumber vitamin, mineral, serat dan juga antioksidan yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Dengan nutrisi tersebut, tubuh dapat memiliki kekebalan yang tinggi dan terhindar dari beragam penyakit berbahaya.

 

Vitamin D dan sinar matahari

Bukan hanya sedikit orang yang paham bahwa sinar matahari merupakan salah satu sumber vitamin D. Realitanya, tak banyak orang gemar bangun pagi dan melakukan olahraga sembari menikmati matahari pagi. Dampaknya, masalah penuaan dini dan osteoporosis mulai menyebar di mana-mana. Hal ini lantaran regenerasi sel kulit tak bisa berjalan maksimal. Begitu juga tulang yang mudah dan keropos, lantaran vitamin D tak diterima dalam tubuh secara maksimal.

 

Itulah beberapa fakta nutrisi yang dapat Anda ketahui, semoga dapat hidup lebih sehat lagi, ya.

Share artikel ini:

Artikel Terkait