@shutterstock

5 Kebaikan Lemak Untuk Kesehatan Tubuh

Ketika mendengar lemak, hal yang pertama kali terlintas dalam benak adalah makanan tak sehat. Secara umum konsumsi lemak yang berlebihan memang bisa menyebabkan gangguan pada kesehatan. Kadar kolesterol meningkat dan tubuh mengalami kenaikan berat badan. Namun, tidak semuanya. Beberapa lemak sehat justru memiliki peran dan manfaat yang sangat penting untuk menunjang kesehatan.

Menurut Keri Glassman, RD, Ahli gizi sekaligus pendiri Nutrition Life, mengatakan lemak tidak selalu harus dihindari. Hal ini karena lemak dapat menyumbangkan energi, melindungi organ tubuh, memelihara membran sel dan memaksimalkan penyerapan gizi dalam tubuh. Keri juga menjelaskan sepertiga dari kalori yang dibutuhkan dalam program penurunan berat badan berasal dari lemak. Lebih lanjut, Keri memaparkan manfaat lemak sehat sebagai berikut.

Menguraikan lemak tak sehat
Tanpa di sadari kadang makanan yang dimakan menyumbangkan banyak lemak tak sehat. Adanya lemak sehat, menurut Keri dapat membantu meluruhkan lemak tersebut dan menguraikannya menjadi sumber nutrisi yang dapat dicerna. Bahkan hasil penelitian yang dipublikasikan dalam American Journal of Clinical Nutrition pada tahun 2007 menyebutkan asam lemak pada makanan dapat membantu mempercepat metabolisme dalam tubuh.

Membuat kenyang lebih lama
Hasil penelitian yang dilakukan oleh Tim Peneliti dari Mayo Clinic menjabarkan lemak sehat dapat membantu memaksimalkan penyerapan nutrisi dalam tubuh. Hasilnya, perut akan merasa kenyang lebih lama dan Anda maupun si kecil tak akan mudah untuk ngemil jajanan sembarangan. Bagi si kecil, manfaat ini tentu akan mendukung proses tumbuh kembangnya.

Membuat perasaan lebih bahagia
Beberapa lemak sehat seperti asam lemak omega-3 dapat membantu meningkatkan kadar serotonin dalam otak. Seperti diketahui, serotonin memiliki peran dalam membentuk mood atau suasana hati yang tenang dan memberikan banyak ide cemerlang. Lewat perasaan ini, Anda akan merasa lebih bahagia. Hal ini sesuai dengan penelitian yang dilakukan oleh Tim Peneliti di Purdue University.

Membangun otot tubuh
Protein memang baik untuk menyokong pembentukan otot dalam tubuh. Namun, Rachel Cosgrove, CSCS, pelatih kebugaran Amerika menjelaskan mengonsumsi lemak sehat usai berolahraga dapat membantu meningkatka pembentukan otot-otot tubuh. Penyataan ini juga mendapatkan dukungan dari hasil penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Clinical Science yang mengatakan asam lemak omega-3 dapat membantu meregenerasi sel otot dan menghambat proses penuaan dini.

Membuat nutrisi terserap sempurna
Kari mengatakan vitamin A, D, E dan K termasuk vitamin yang larut dalam lemak. Tanpa adanya lemak, nutrisi tersebut tak dapat diserap oleh tubuh. Maka dari itu, lewat bantuan lemak ini vitamin-vitamin ini akan memberikan manfaat seperti mengatasi kulit kering, menyehatkan mata dan melancarkan proses pembentukan sel darah. Demikian paparan hasil penelitian yang dilakukan oleh tim peneliti dari University of Minnesota Medical School.

Asam lemak omega-3 ini banyak ditemukan dalam buah alpukat, kacang almond dan ikan. Jadi, segera masukkan dalam menu harian si kecil dan keluarga ya. Selamat hidup sehat.

Share artikel ini:

Artikel Terkait