©shutterstock

5 Kelebihan Kacang Pistachio yang Jarang Diketahui

Apakah Anda mengenal kacang pistachio? Kacang ini adalah jenis kacang yang tumbuh di daerah kering di Iran, Turkmenistan dan Azerbaijan Barat. Tidak hanya rasanya yang gurih dan enak yang menjadi daya tarik, melainkan juga manfaat sehat yang dimilikinya. Pistachio kini mulai dijadikan alternatif camilan diet sehat juga lho. Penasaran manfaat sehat lain dari kacang ini? Berikut ulasannya.

Meningkatkan mood
Kaya akan potasium, kacang ini dapat menurunkan kadar hormon stres kortisol daripada kacang lainnya. Jadi, dengan menambahkan kacang ini pada sereal Anda, suasana hati akan membaik sepanjang hari.

Menurunkan kolesterol
Pistachio merupakan sumber pitosterol yang baik, yakni senyawa yang bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Hmm, semakin yakin untuk menjadikan pistachio sebagai camilan sehat diet Anda kan?

Mengurangi risiko kanker
Mengandung antioksidan yang tinggi termasuk karotenoid, beta karoten dan lutein menjadikan kacang ini asupan yang sempurna untuk melawan kanker. Wah, harus makan kacang pistachio setiap hari deh!

Mengontrol berat badan
Kandungan serat yang tinggi pada kacang ini akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama, sehingga bisa mengontrol nafsu makan. Sebuah studi yang diterbitkan oleh Journal of the American College of Nutrition  pada bulan Juni 2010 menemukan dengan mengonsumsi 240 kalori kacang pistachio selama 12 minggu dapat menurunkan massa tubuh lebih dari mengonsumsi kalori yang lebih sedikit.

Baik untuk kulit
Ekstrak kacang pistachio ini memiliki sifat emolien yang menenangkan, serta dapat membantu menjaga kulit terlindung dari kekeringan. Oleh karena itu, minyak kacang pistachio sering digunakan untuk terapi pijat, aromaterapi dan juga produk kosmetik untuk kulit.

Wah, Anda tidak menyangka bukan jika kacang yang satu ini ternyata memiliki banyak sekali manfaat yang tidak terduga. Dengan mengonsumsi kacang ini, tidak hanya suasana hati ceria yang didapat, tapi juga tubuh sehat dan kulit yang cantik. Bersiap untuk memenuhi lemari makanan Anda dengan kacang pistachio?

Share artikel ini:

Artikel Terkait