@shutterstock

5 Tips Hindari Makanan Tinggi Gula

Mengurangi konsumsi gula harian tidak sesulit kelihatannya. Mengurangi konsumsi gula bisa dilakukan dari hal-hal yang kecil, seperti menghindari makanan tinggi gula dan bisa dilakukan secara bertahap. Awalnya mungkin sulit, tetapi lama-kelamaan tubuh akan mulai terbiasa dengan metode yang Anda lakukan. Berikut adalah tips yang bisa dilakukan untuk menghindari makanan tinggi gula.

Tips pertama

Bacalah label nutrisi pada kemasan makanan yang Anda beli. Dengan membaca label nutrisi, Anda bisa mengidentifikasi mana makanan yang mengadung gula berlebih seperti pemanis buatan. Kenali istilah pemanis buatan seperti high fructose corn syrup, dextrose, fruit juice concentrate, fruktosa dan madu. Jika makanan atau minuman yang Anda beli memiliki salah satu dari istilah tersebut, maka urungkan niat untuk membeli dan menggantinya dengan makanan lain.

Tips kedua

Mengurangi konsumsi makanan olahan yang pasti mengandung banyak gula tambahan, meskipun tidak manis seperti saus salad dan sup kalengan. Lebih baik menyiapkan makanan sendiri di rumah karena Anda mudah mengontrol berapa banyak jumlah gula yang ada pada makanan.

Tips ketiga

Menyiapkan makanan rendah gula, seperti mengurangi jumlah gula pada roti dan muffin buatan sendiri. Anda juga bisa menggantikan gula dengan alternatif lainnya. Jika biasanya Anda menaburkan gula di atas sereal ataupun oatmeal saat sarapan, sekarang cobalah untuk menghentikan kebiasaan tersebut. Begitu juga minumlah teh dan kopi tanpa menambahkan gula, dan perbanyak minum air putih.

Tips keempat

Berhenti minum soda! Bagi sebagian orang hal ini mungkin sulit untuk dilakukan. Tapi, tahukah Anda kalau soda memiliki setidaknya 10 sendok makan gula tiap kalengnya. Dengan berhenti minum soda, asupan gula harian Anda akan berkurang dalam jumlah yang besar. Hal ini akan membuat tubuh terhindar dari masalah kesehatan yang disebabkan oleh konsumsi gula berlebih.

Tips kelima

Dan yang paling sulit, yaitu belajarlah untuk mengatakan ‘tidak’. Awalnya pasti akan sangat sulit karena Anda akan kehilangan makanan manis favorit. Tapi, dengan niat dan keinginan yang kuat untuk mengurangi makan gula, Hal ini bukanlah masalah besar. Semakin sering berlatih, semakin terbiasa pula Anda dalam membatasi konsumsi gula harian.

Nah, mudah bukan? Menghindari makanan tinggi gula akan memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. Jadi, jangan takut untuk mencoba agar kesehatan tubuh Anda senantiasa terjaga dan bisa beraktivitas dengan tenang.

Share artikel ini:

Artikel Terkait