@shutterstock

6 Efek Samping Paling Menyeramkan Dari Gula

Berbicara soal gula memang seperti tidak akan habisnya. Gula memberikan rasa manis yang menyenangkan, membuat kue menjadi lebih lembut, dan memberikan kesegaran saat haus. Tapi, di balik itu semua, gula memiliki efek samping yang sangat meyeramkan untuk kesehatan tubuh Anda. Apa saja sih efek samping meyeramkan gula? Cari tahu yuk!

Meningkatkan risiko diabetes
Minum minuman manis, seperti soda, minuman buah-buahan, es teh, dan minuman olahraga akan meningkatkan risiko terkena diabetes tipe 2. Sebuah studi yang di publikasikan di The Journal of Diabetes Care mengungkapkan bahwa, lebih dari 310.000 pasien yang mengonsumsi satu hingga dua kaleng minuman manis dalam sehari akan meningkatkan risiko diabetes sebesar 26 persen daripada mereka yang minum satu bulan sekali. Selain itu, peneliti dari University of California di San Fransisco memperkirakan bahwa 130.000 kasus diabetes disebabkan karena meningkatnya konsumsi minuman manis warga Amerika.

Menyebabkan masalah kulit
Pada tahun 2008, The Journal Molecular Nutrition & Food Research menerbitkan sebuah studi yang menyebutkan bahwa, apa yang Anda makan akan mempengaruhi kulit. Indeks glikemik dari makanan bisa mempengaruhi kulit Anda. Makanan dan minuman yang mengandung indeks glikemik tinggi akan membuat gula darah mengalami peningkatan. Indeks glikemik makanan yang rendah akan diproses lebih lambat oleh tubuh, sehingga gula darah tidak akan mengalami peningkatan. Makanan rendah glikemik akan membuat kulit bebas dari risiko jerawat hingga 50 persen.

Memicu Penyakit Jantung
Gula memiliki peran langsung dalam kesehatan jantung. Konsumsi gula yang berlebihan akan menyebabkan trigliserida mengalami peningkatan. Tingkat trigliserida atau lemak dalam darah yang tinggi akan membuat tubuh rentan terkena risiko gangguan kardiovaskular, seperti jantung dan stroke.

Gula Membuat Anda mudah Depresi
Makan gula akan membuat tubuh melepaskan hormon rasa senang atau hormon serotonin. Tetapi, hal ini membuat sistem tubuh Anda mengalami overload gula yang akan berdampak sebaliknya. Gula yang berlebihan akan mempengaruhi suasana hati dan membuat tubuh rentan mengalami resistensi insulin. Sebagian orang percaya bahwa resistensi insulin inilah yang memaksa tubuh melepaskan hormon stress, sehingga Anda mudah mengalami depresi.

Meningkatkan Risiko Infeksi Jamur
Konsumsi gula yang berlebihan akan meningkatkan risiko terserang infeksi oleh jamur. Jamur secara alami tumbuh dalam tubuh manusia. Jamur yang tumbuh akan selalu diawasi oleh sistem kekebalan tubuh. Ketika gula darah meningkat, air liur dan urin akan menyediakan tempat jamur untuk berkembang.

Gula Meningkatkan Risiko Kanker
Peneliti dari The University of Minnesota meniliti bahwa lebih dari 60.000 pasien yang mengonsumsi makanan dan minuman ringan memiliki risiko terkena kanker pankreas lebih dari 87 persen.

Wah, ternyata efek samping gula sangat menyeramkan. Mulai biasakan hidup sehat dari sekarang agar tubuh tetap sehat dan bisa beraktivitas dengan lancar.

Share artikel ini:

Artikel Terkait