©shutterstock

6 Hal yang Perlu Diketahui Tentang Otak

Apa saja yang Anda ketahui tentang otak selain organ tubuh yang digunakan untuk berpikir? Ya, otak adalah pusat sistem saraf yang mengatur sebagian besar gerakan, perilaku hingga fungsi tubuh manusia. Ingin lebih mengenal dengan baik organ tubuh terpenting yang satu ini, simak ulasan berikut yuk.

Berat otak manusia dewasa sekitar 3 kg
Wah, berat otak manusia ternyata berat juga ya? Pria dewasa rata-rata memiliki berat 13336 gram dan wanita 1198 gram. Jika Anda berpikir otak yang lebih besar maka akan semakin cerdas, pada kenyataannya tidak kok. Albert Einstein memiliki otak dengan berat rata-rata yakni 1230 gram.

Otak tidak memiliki reseptor rasa sakit
Saat otak dapat mendeteksi dan memproses rasa sakit, Anda tidak bisa merasakan sakit pada otak. Hal ini dikarenakan otak tidak memiliki reseptor sakit, itulah sebabnya ahli bedah dapat melakukan operasi otak saat Anda sedang terjaga.

Semakin banyak lipatan semakin pintar
Melihat tingkat kecerdasan seseorang bisa dilihat dari seberapa banyak lipatan yang ada di otaknya lho. Wah, seberapa banyak lipatan yang Anda miliki?

Tertawa adalah obat terbaik bagi otak
Saat mendengar tawa, migdala dan hippocampus, dua bagian yang berkaitan dengan depresi menyala. Tertawa dapat mengurangi stres dan menurunkan tekanan darah juga. Sebuah penelitian pada tahun 2012 menemukan bahwa peningkatan oksitosin atau hormon cinta dapat meningkatkan kinerja otak menjadi lebih baik.

Memiliki hubungan kuat dengan musik dan nostalgia
Dalam sebuah studi pada tahun 2010 menemukan bahwa otak memiliki hubungan yang sangat kuat dengan lagu dan kenangan pada saat itu. Sehingga, saat mendengarkan lagu ketika Anda masih kecil, otak secara langsung akan menunjukkan kenangan yang berkaitan dengan lagu tersebut.

Sudahkah Anda semakin mengenal salah satu bagian terpenting dari tubuh manusia  ini? Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatannya dengan rutin berolahraga dan mengonsumsi makanan yang mendukung kinerjanya ya.

Share artikel ini:

Artikel Terkait