Kontrol Kolesterol Biar Jantung Gak Jebol

Apa yang Ibu ketahui tentang kolesterol? Jika menjawab kolesterol sebagai salah satu jenis lemak pembentuk dinding sel, jawaban Ibu sudah benar. Tapi, tahukan bu jika manfaat itu hanya terasa jika Ibu mengonsumsinya dalam jumlah yang pas?

Yup, berlebihan mengonsumsi kolesterol justru membuat Ibu merugi. Soalnya, kebanyakan konsumsi kolesterol justru bakal memicu penumpukan lemak pada dinding pembuluh darah. Akibatnya, terjadi penyumbatan pada pembuluh koroner yang bisa memicu penyakit jantung koroner.

Selagi masih sehat, jangan abaikan hal ini. Merujuk pada survei kesehatan rumah tangga Kementerian Kesehatan, penyakit jantung koroner adalah penyebab kematian tertinggi di Indonesia. Jadi, berhati-hatilah dalam mengonsumsi kolesterol. Kontrol hasrat Ibu untuk menyantap daging, hati, otak, atau jeroan. Tak cuma demi menjaga berat badan ideal, Ibu pun dijauhkan dari penyakit jantung koroner.

Berikut siasat untuk mencegah penyumbatan pembuluh koroner:

Makan Sehat
Definisi makan sehat adalah pola makan yang tak berlebihan jumlahnya, teratur waktunya, dan memperhatikan jenis makanannya. Jangan asal kenyang sehingga Ibu menyantap segala rupa makanan. Gizi makanan harus seimbang dan teratur. Makanan Ibu harus memiliki sumber karbohidrat (nasi merah, bihun, atau kentang), protein (ikan, ayam, tahu, tempe), atau sumber lemak baik seperti Omega 3 (ikan laut dalam). Perhatikan pula asupan vitamin, mineral, dan serat yang biasa terkandung dalam buah-buahan dan sayur-sayuran.

Konsumsi Makanan Pengendali Kolesterol
Selain mengatur makanan yang berpijak pada perhitungan gizi seimbang, Ibu juga bisa mengonsumsi Phytosterol, yang merupakan bahan makanan pengendali kolesterol, sebanyak 0,6 gram hingga 2 gram per hari. Phylosterol adalah lemak tumbuh-tumbuhan/ nabati yang dapat mengurangi penyerapan kolesterol. Kolesterol bisa dikendalikan sehingga berat badan ideal bisa terjaga. Dan, yang utama, potensi penyumbatan pembuluh koroner yang memicu serangan jantung bisa dihindarkan.

Konsumsi Sereal Kaya Serat

Serat tinggi akan mengurangi penumpukan lemak pada darah. Secara otomatis, jumlah kolesterol jahat dalam tubuh pun dapat dikurangi. Salah satu makanan kaya serat adalah sereal dengan gandum utuh. Utuk ibu, bisa memilih Fitnesse and Fruit Sereal untuk sarapan. Kolestorel jahat hilang, bentuk tubuh pun menjadi terjaga.

Share artikel ini:

Artikel Terkait