@shutterstock

Arti 'Gram Gula' Dalam Label Nutrisi

Sekarang Anda tidak perlu lagi menebak–nebak apa saja kandungan dalam makanan kemasan yang Anda beli. Setiap kemasan sudah dilengkapi dengan label nutrisi. Label nutrisi memuat apa saja gizi yang terkandung dalam makanan kemasan tersebut seperti informasi protein, lemak, kolesterol, mineral dan vitamin.

Pada label nutrisi, Anda akan melihat jumlah karbohidrat dalam huruf tebal, di bawahnya tertulis nilai kalori, jumlah lemak total, kolesterol, dan sodium. Informasi tentang serat makanan dan gula tercantum di bawah jumlah karbohidrat total. Jika dalam label nutrisi terdapat tulisan 1 gram gula, ini berarti makanan tersebut menyediakan 1 gram gula dalam satu porsi.

Semua karbohidrat, kecuali serat mengandung 4 gram kalori. Serat tidak memilki kalori, sehingga ketika label makanan menyatakan mengandung 1 gram gula, itu berarti makanan tersebut memilki 4 kalori yang berasal dari gula. Perlu diingat bahwa, 1 gram gula hanya untuk satu porsi makanan, jadi jika Anda makan lebih dari satu kemasan makanan yang mengandung 1 gram gula, maka Anda akan meningkatkan asupan kalori dalam tubuh.

Sebagian besar label nutrisi mencantumkan persentase nilai harian di bagian kanannya. Hal ini akan memberitahu Anda berapa banyak nilai harian dari nutrisi yang terkandung dalam makanan tersebut. Karena gula tidak memiliki kandungan nutrisi dan hanya menyediakan kalori, maka gula tidak memilki persentase harian untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. The American Heart Association merekomendasikan agar wanita tidak mengonsumsi lebih dari 100 kalori, dan untuk laki-laki tidak lebih dari 150 kalori setiap harinya.

Mungkin akan sulit mengetahui apakah makanan yang Anda beli mengandung banyak gula atau tidak. Kebanyakan produsen makanan pasti menggunakan pemanis untuk memperkaya rasa produk mereka. Perhatikan istilah seperti sukrosa, glukosa, honey, fruktosa, maltosa, syrup, brown sugar, corn sweetener dan high fructose corn syrup yang notabene adalah nama lain dari gula tambahan. Biasanya makanan mengandung lebih dari satu zat pemanis yang semuanya bisa membuat kadar gula darah manjadi tidak stabil.

Jadi jika Anda melihat beberapa jenis gula di atas tercantum dalam label nutrisi, lebih baik urungkan niat dan belilah produk makanan lain yang lebih sehat.

Share artikel ini:

Artikel Terkait