vote

Atur Nilai Normal Kolesterol untuk Hindari Ini

Kolesterol adalah senyawa lemak yang dihasilkan dari beberapa bagian sel yang terdapat di tubuh.

  • Rate Artikel ini

Kolesterol adalah senyawa lemak yang dihasilkan dari beberapa bagian sel yang terdapat di tubuh. Tubuh memerlukan kolesterol agar terjaga tetap sehat. Terdapat dua jenis kolesterol, yakni kolesterol baik dan kolesterol jahat. Apabila kadar kolesterol jahat berlebih tentu tidak akan baik bagi tubuh. Sehingga penting untuk menjaga nilai normal kolesterol.

Dikutip dari buku Natural Standard Medical Conditions Reference E-Book: An Integrative Approach, jika jumlah kolesterol jahat 130-159 mg/dL maka dikategorikan memasuki batas tinggi. Sedangkan jumlah 160-189 mg/dL dikategorikan level tinggi. Jika 190 mg/dL atau lebih termasuk pada tingkatan sangat tinggi. Maka dari itu penting untuk mengatur nilai normal kolesterol, agar terhindar dari beberapa penyakit seperti:

  1. Penyakit jantung

Ini merupakan salah satu akibat bila Ibu tidak dapat mengatur nilai normal kolesterol. Sebab bukan rahasia umum lagi jika seorang yang memiliki kolesterol tinggi akan berkecenderungan mengalami penyakit jantung.

  1. Stroke

Selain dua penyakit di atas, kolesterol jahat yang tinggi juga dapat mengakibatkan penderitanya mengalami stroke.

  1. Kolesterol rendah

Selain kolesterol tinggi, terdapat pula penyakit yang dipicu akibat nilai kolesterol yang rendah. Jika Ibu mengalami kolesterol rendah, maka tidak akan ada keseimbangan dalam kadar kolesterol dalam darah dengan kolesterol normal.

Agar Ibu dapat memiliki nilai normal kolesterol, maka ibu wajib menjaga asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Kontrol pola makan keluarga serta biasakan juga untuk mengonsumsi jenis makanan seperti jenis biji-bijian, buah, dan sayur sebagai makanan yang tergolong protein nabati. Sebaiknya ibu mulai konsumsi jenis makanan sehat mulai dini agar tak terkena bahaya kolesterol. 

Artikel Terkait

Terbaru