Ayo Biasakan Anak-Anak Gemar Susu

Hampir bisa dipastikan semua orangtua tahu bahwa susu mengandung banyak sekali manfaat untuk mendukung pertumbuhan anak. Bukan hanya anak, manfaatnya juga banyak terus sampai seseorang dewasa nanti. Tentunya susu perlu dikonsumsi secara proporsional.

Kalau melihat  hasil studi para ahli, kandungan kalsium pada susu sangat bagus bagi kesehatan tulang. Tulang anak menjadi lebih padat dan kuat sehingga semakin terhindar dari penyakit rapuh tulang. Susu juga sangat bagus bagi gigi. Kandungan fospornya  sangat bagus untuk lapisan email gigi sehingga tidak mudah rusak. Selain itu, kalsium yang ada pada susu sapi juga bisa mencegah terjadinya gigi berlubang.

Masih banyak manfaat susu yang lainnya. Sayangnya, dengan sekian kegunaan susu bagi kualitas pertumbuhan dan perkembangan anak-anak, tapi sadarkah kita bahwa penduduk Indonesia ini termasuk yang paling sedikit menggemari susu di antara negara-negara jirannya. Berdasarkan data nasional, konsumsi susu masyarakat Indonesia rata-rata hanya mencapai 12 liter per tahun. Itu artinya konsumsi susu masyarakat Indonesia hanya satu liter per bulan dan hanya sekitar 30 cubic centimeter (cc) per hari.

Maka, tugas kita bersama adalah bagaimana mendorong anak-anak, tentunya kita juga, bisa menggemari minum susu dengan ukuran yang proporsional. Apa yang perlu kita lakukan?

Yang perlu kita lakukan sebetulnya adalah bagaimana memberi pendidikan (education) dan memasukkan cara-cara yang menghibur (entertain). Memang idealnya proses agar anak gemar minum susu ini dimulai sejak dini.

Berikut ini adalah beberapa kiat yang bisa dilakukan orangtua agar anak gemar minum susu:

·         Memperkenalkan susu sedini mungkin pada anak. Tentunya dengan memperhatikan kemungkinan anak alergi terhadap protein pada susu atau ontoleransi terhadap laktosa. Kemudian, perlu dicarikan susu yang sesuai bagi anak.

·         Memperkenalkan berbagai jenis bahan makanan pada anak sejak dini, agar anak menjadi kaya rasa. Anak yang kaya rasa cenderung tidak menjadi picky eater.

·         Memperkenalkan anak tentang berbagi manfaat susu bagi mereka. Tentunya melalui cara-cara yang menarik, seperti dengan buku cerita atau film.

·         Tidak terpaku bahwa susu hanya untuk diminum, kombinasikan juga susu sebagai bahan masakan. Pastikah mengolah susu dengan cara yang tepat agar anak tetap mendapatkan kebaikannya.

·         Memberi teladan, tunjukkan pada anak bahwa Ibu juga memerlukan manfaat susu dan meminumnya.

·         Ciptakan suasana santai dan menyenangkan ketika anak minum susu, jangan sampai anak menganggap minum susu, dan juga makan, adalah kewajiban yang tidak menyenangkan.

Mendidik dengan cara menghibur inilah cara yang sering berhasil untuk membiasakan anak menggemari hal-hal yang baik.

Share artikel ini:

Artikel Terkait