@shutterstock

Badan Sehat, Jauh Diabetes Tipe 2

Sudah bukan rahasia lagi kalau diet sangat penting untuk menangani gejala diabetes. Meskipun tidak semua metode diet cocok untuk semua orang. Diet gula sangat baik bagi Anda yang memiliki gejala diabetes untuk menjaga kadar gula darah agar tetap stabil. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar terhindar dari gejala penyakit ini seperti berikut.

Diet Gula

Diet gula adalah cara yang praktis untuk mengurangi konsumsi gula yang Anda makan. Terlebih jika Anda adalah penggemar makanan manis. Cobalah diet selama enam bulan, secara perlahan tubuh akan berhenti kecanduan gula, dan membuat gula darah stabil.

Diet Rendah Lemak

Banyak makanan memiliki kandungan tinggi akan sodium, lemak jenuh, kolesterol dan lemak trans yang bisa meningkatkan resiko terserang penyakit jantung dan stroke. Namun, bukan berarti Anda harus menghindari semua lemak. Makanan yang mengandung lemak baik tak jenuh tunggal dan lemak baik tak jenuh ganda bisa membantu menurunkan tingkat kolesterol.

Berolahraga

Ternyata olahraga memiliki banyak manfaat yang baik untuk tubuh. Membuat tubuh terus bergerak saat berolahraga ataupun saat menjalani rutinitas harian akan menurunkan gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin. Latihan ringan aerobik seperti senam yang dilakukan 30 menit selama 5 kali dalam seminggu, akan membuat tubuh senantiasa segar dan jauh dari risiko diabetes.

Mengatur Pola Makan

Mengatur pola makan tidaklah sulit. Ubahlah kebiasaan makan Anda dengan makan makanan yang bergizi, kaya serat dan rendah gula. Gula adalah pemicu terbesar dari diabetes. Perbanyak konsumsi buah-buahan seperti strawberry agar gula darah tidak melonjak terlalu jauh. Makanlah banyak sayuran hijau untuk mencukupi kebutuhan serat, serta ikan yang bisa membantu insulin bekerja lebih baik.

Mengubah Gaya Hidup

Mengubah gaya hidup Anda yang biasa-biasa saja menjadi gaya hidup sehat akan memberikan banyak manfaat positif untuk kesehatan. Badan akan senantiasa segar dan siap untuk beraktivitas kapanpun.

Mengubah pola hidup menjadi pola hidup sehat ternyata cukup mudah. Ayo, mulai ubah kebiasaan dari sekarang agar tubuh selalu sehat dan jauh dari diabetes.

Share artikel ini:

Artikel Terkait