vote

Bagaimanakah Mempraktikkan Cara Diet Sehat Yang Baik?

Ibu, mari menghindari program diet sembarangan tanpa memperhatikan asupan gizi yang masuk ke dalam tubuh karena berbagai resiko penyakit dapat timbul sebagai dampaknya.

  • Rate Artikel ini

Menurunkan berat badan tidak dapat sembarangan dilakukan. Sebelum memulainya, Ibu perlu mengetahui berbagai informasi mengenai cara diet sehat yang benar. Hindari menjalani diet sembarangan tanpa memperhatikan asupan gizi yang masuk ke dalam tubuh karena berbagai resiko penyakit dapat timbul sebagai dampaknya. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Ibu perhatikan ketika mempraktikkan cara diet sehat.

  1. Jangan lewatkan waktu makan

Menjalankan program diet bukan berarti melewati waktu makan dan hanya mengonsumsi cairan. Makan merupakan kebutuhan setiap manusia yang perlu dipenuhi. Tidak makan justru akan membuat proses metabolisme dalam tubuh menjadi tidak stabil, menimbulkan gangguan pencernaan, meningkatkan resiko kurang gizi dan justru membuat berat badan mudah naik. Mengapa? Makan dikontrol oleh hormon leptin. Hormon leptin merupakan hormon yang mengatur metabolisme dan nafsu makan . Hormon ini diproduksi di  dalam sel lemak. Melewatkan waktu makan akan menurunkan produksi leptin, maka respon dari hal tersebut adalah nafsu makan yang meningkat. Mulailah hari dengan sarapan karena sarapan dapat membantu mencegah makan siang secara berlebihan.

  1. Mengonsumsi makanan segar

Cara diet sehat yang perlu Ibu terapkan adalah menghindari konsumsi makanan olahan. Walaupun mudah untuk disajikan, makanan olahan tidak mengandung gizi dan serat yang optimal serta mengandung garam, gula, lemak dan kalori yang tinggi. Untuk menggantikan konsumsi makanan olahan tersebut, sebaiknya Ibu memasak sendiri makanan yang Ibu hendak konsumsi dari bahan-bahan segar, seperti sayur, buah, serta ikan dan daging. Bahan makanan yang segar tentunya memiliki kandungan nutrisi lengkap yang mendukung program diet Ibu.

  1. Bergerak

Bergerak merupakan cara yang efektif untuk mempercepat penurunan berat badan. Untuk menurunkan berat badan, asupan makanan berkontribusi sebesar 60 persen, sedangkan 40 persen lainnya dipengaruhi oleh berolahraga. Ibu tidak perlu memforsir kegiatan fisik, cukup bergerak sesuai dengan aktivitas yang Ibu sukai., misalnya berjalan kaki, membereskan rumah, ataupun bersepeda. Hindari pula aktivitas yang umumnya didukung dengan mengonsumsi camilan, seperti berlama-lama menonton televisi.

  1. Hindari godaan cheating day

Untuk Ibu yang sedang menjalankan program diet, cheating day tentu perlu dijaga dengan baik. Misalnya pada acara keluarga, tentunya Ibu boleh sesekali mengonsumsi makanan yang mengandung lemak dan kalori tinggi. Tetapi, pastikan untuk tidak mengulangi hal yang sama pada hal berikutnya. Untuk menyiasati hal tersebut, hindari pergi makan di luar agar tidak mudah tergoda untuk mengonsumsi jenis makanan yang tidak sesuai dengan program diet Ibu.

Artikel Terkait

Terbaru