Bawang Putih Sebagai Solusi Alami Atasi Sakit Gigi

Khasiat bawang putih untuk kesehatan pastinya sudah bukan menjadi rahasia lagi. Jenis bumbu dapur yang satu ini sudah banyak dimanfaatkan untuk meredakan panas serta menurunkan tekanan darah yang tinggi. Bawang putih mengandung khasiat lainnya bagi kesehatan. Salah satunya adalah untuk meredakan sakit gigi. Ya, dikutip dari buku Real Food True Health oleh Dr. Ir. Muhammad Ahkam Subroto, M.App.Sc., sakit gigi tak tertahankan yang seringkali mengganggu aktivitas sehari-hari tersebut bisa dihilangkan dengan memanfaatkan bawang putih.

Khasiat bawang putih yang berguna untuk meredakan sakit gigi tersbeut juga bisa untuk si Kecil lho! Tentunya sangat mengkhawatirkan karena kondisi tersebut bisa membuatnya tidak nafsu makan. Ibu bisa mencoba praktik mengurangi sakit gigi dengan bawang putih ini untuk si Kecil. Penggunaan bawang putih sebagai obat sakit gigi ternyata sudah diaplikasikan jauh di masa lalu. Pakar kesehatan dan ahli diet asal Amerika, Joe Lewis mengungkapkan bahwa kandungan alisin yang tergolong sebagai anti-inflamasi berfungsi untuk mengurangi rasa ngilu yang dirasakan saat sakit gigi. Jadi, dengan memanfaatkan bawang putih tersebut, Ibu bisa mengurangi rasa nyeri akibat sakit gigi yang dirasakan si Kecil.

Cara yang perlu dilakukan untuk menghilangkan sakit gigi tersebut dilansir dari Livestrong adalah dengan menumbuk satu hingga dua suing bawang putih segar. Kemudian tambahkan sekitar satu sendok teh garam, dan tumbuk hingga lembut. Gunakan campuran tersebut sebagai pengganti pasta gigi dan Ibu bisa mengencerkannya kembali menggunakan olive oil bila sudah mengering. Tempelkan saja campuran ini ke bagian gigi yang mengalami sakit dan biarkan selama setengah jam.

Tindakan tersebut efektif apabila dilakukan secara rutin hingga rasa sakit menghilang. Konsultasikan lebih lanjut mengenai nyeri gigi dan gusi ini ke dokter gigi. Hal tersebut diperlukan mengingat sakit gigi tidak selalu disebabkan oleh kuman yang ada di dalam mulut. Ada beberapa infeksi gusi atau sistem saraf yang bisa menyebabkan sakit pada gigi. Jadi, konsultasi ke dokter gigi adalah cara yang tepat apabila rasa sakit gigi tersebut tidak kunjung hilang.

Share artikel ini:

Artikel Terkait