@shutterstock

Beda Proses Pencernaan Gula Pasir dan Fruktosa

Fruktosa atau gula buah, secara alami terdapat pada buah dan sayuran. Sebagai salah satu zat gula, fruktosa akan berubah menjadi sukrosa atau gula meja jika digabungkan dengan glukosa. Terlepas dari bagaimana fruktosa dan gula terbentuk, tubuh menyerapnya dengan proses yang sama seperti gula lainnya.

Proses mencerna fruktosa di mulai dalam usus kecil. Karena tubuh tidak bisa menyerap polisakarida secara utuh, sehingga zat gula yang masuk harus dipecah terlebih dahulu menjadi glukosa dan fruktosa. Fruktosa akan masuk ke dalam lapisan usus kecil melalui saluran khusus dan keluar dari sisi lainnya yang kemudian masuk ke dalam aliran darah. Ketika dalam darah, fruktosa dan nutrisi lainnya akan menyebar dan diserap oleh hati untuk proses metabolisme.

Kesalahan pencernaan fruktosa terjadi karena usus kecil tidak dapat secara efisien menyerap fruktosa. Akibatnya, fruktosa menjadi sumber makanan bagi bakteri karena melewati sisa saluran pencernaan. Perkembangan bakteri fruktosa bisa menyebabkan gas, kram perut, perut kembung dan diare.

Mengonsumsi banyak fruktosa juga memiliki konsekuensi. Asupan fruktosa berlebih menyebabkan penyakit lemak hati, peningkatan lipid darah dan resistensi insulin yang bisa menyebabkan Anda mengalami pre-diabetes.

Gula yang berasal dari karbohidrat akan diproses menjadi glukosa oleh tubuh. Jika Anda menderita diabetes, berarti tubuh Anda memiliki masalah dengan penanganan glukosa, yang sangat berbahaya bagi kesehatan. Cara karbohidrat berubah menjadi glukosa bervariasi. Gula adalah satuan yang sangat kecil yang bisa diubah menjadi glukosa oleh sistem pencernaan dengan cepat karena telah digabungkan dengan enzim di usus kecil.

Ketika mengunyah,  mulut mengeluarkan air liur, dan saat itu enzim yang terkandung dalam air liur akan beraksi kepada makanan yang masuk. Air liur ternyata bisa menjadi karbohidrat sederhana. Enzim dalam air liur Anda akan menendang makanan yang masuk hingga sampai ke usus kecil lalu dicerna dan diubah menjadi glukosa.

Share artikel ini:

Artikel Terkait