Begini Cara Prediksi Tinggi Badan Anak

Setiap orang tua pasti mendambakan anaknya tumbuh normal baik berat maupun tinggi badannya. Tidak heran, banyak cara dilakukan untuk mendapatkan tinggi dan berat yang ideal. Padahal, dilansir dari Dr. Handawan Nadesul, ada perhitungan khusus untuk memprediksi berapa tinggi badan anak kelak. Mau tahu? Yuk simak yang berikut ini.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi tinggi badan anak selain faktor genetik, yakni sistem hormonal tubuh yang ikut bekerja untuk menentukan tinggi badan si kecil akan normal atau di bawah normal. Selain itu, ada banyak rumus yang digunakan untuk memperkirakan berapa tinggi anaknya nanti, seperti mengambil tinggi badan anak saat usia 2 tahun kemudian dikalikan 2. Misalnya saja, jika tinggi si kecil 85cm saat usia 2 tahun berarti 2 x 85cm maka diperkirakan tinggi anak saat dewasa adalah 170cm.

Atau, ada juga yang menambahkan tinggi orang tuanya lalu dibagi dua. Contoh mudahnya, bila tinggi ayah 175cm dan tinggi ibu 165cm, maka keduanya dijumlahkan menjadi 340 kemudian dibagi 2 menjadi 170. Jadi diperkirakan tinggi anak saat dewasa adalah 170cm.

Sebenarnya ada faktor lain yang mempengaruhi tinggi si kecil yakni asupan nutrisi, olahraga dan aktivitas anak. Untuk membantu pertumbuhan tulangnya, si kecil perlu untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan protein dan kalsium. Makanan tersebut bisa didapat dari susu, keju, yogurt, sayuran hijau, kacang kedelai, lobak, biji wijen, oatmeal, kale dan masih banyak lagi.

Sedangkan untuk olahraga, Anda dapat memilihkan olahraga yang merangsang tulang tumbuh lebih tinggi pada anak. Seperti berenang, lompat tali, basket dan bulu tangkis. Tidak heran jika para atlet olahraga tersebut kebanyakan memiliki tinggi badan di atas normal.

Walaupun gen adalah faktor utama yang mempengaruhi tinggi anak, namun bagi Anda yang memiliki gen keluarga mungil janganlah berkecil hati. Berikan si kecil asupan protein dan kalsium yang cukup dan berikan motivasi melakukan olahraga yang dapat merangsang pertumbuhan tulangnya.

Semoga bermanfaat ya.

Share artikel ini:

Artikel Terkait