@shutterstock

Beragam Mitos Seputar Gula dan Diabetes

Dunia ini punya banyak sekali mitos yang belum diketahui. Bukan hanya tempat saja yang memiliki mitos, bidang kesehatan juga banyak memiliki mitos. Mitos dalam hal kesehatan bisa membuat penyandang gangguan kesehatan menyerah dan kehilangan semangat hidup. Nah, berikut ini adalah mitos seputar gangguan kesehatan diabetes, cari tahu yuk!

Mitos diabetes 1: Terlalu banyak Makan Manis Menyebabkan Diabetes.

Makan banyak makanan manis tidak akan menyebabkan diabetes. Ada dua tipe diabetes, yaitu diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2. Diabetes tipe 1 terjadi karena faktor keturunan dan sampai sekarang masih diteliti apa pemicunya. Sedangakan diabetes tipe 2 disebabkan oleh faktor keturunan dan gaya hidup tidak sehat.

Mitos Diabetes 2: Diabetes adalah Penyakit Orang Tua.

Memang banyak dijumpai orang di atas 40 tahun mengidap diabetes, tetapi hal itu berlaku untuk diabetes tipe 2. Seiring berkembangnya zaman dan gaya hidup yang tidak sehat, anak-anak dan remaja sekarang juga bisa terserang diabetes jika mereka menjalani gaya hidup yang tidak sehat.

Mitos Diabetes 3: Terlalu Banyak Aturan dalam Diet Diabetes.

Sebenarnya diet diabetes tidaklah sulit. Diet ini hanya memiliki prinsip yang sederhana, yaitu Pilihlah makanan yang sesuai dengan aktivitas Anda untuk menjaga gula darah tetap stabil.

Mitos Diabetes 4: Karbohidrat Buruk Untuk Penderita Diabetes.

Sebaliknya, karbohidrat bahkan baik untuk penderita diabetes. Karbohidrat adalah dasar dari diet diabetes atau diet sehat lainnya. Karbohidrat memiliki pengaruh yang besar dalam gula darah. Namun, mereka juga memiliki banyak vitamin, mineral dan serat seperti yang ada pada roti, gandum, buah-buahan dan sayuran.

Mitos Diabetes 5: Obat Diabetes Tradisional Lebih Bagus Daripada Obat Dokter.

Sebenarnya belum ada penelitian yang bisa menujukkan hal ini, tapi semua kembali pada Anda. Obat dari dokter sudah pasti telah melewati uji klinis yang tepat. Begitu juga dengan obat tradisional.

Mitos diabetes 6: Tidak Bisa Menyantap Dessert Kesukaan.

Tidak ada alasan untuk berhenti makan makanan yang Anda sukai. Sebaliknya, cobalah untuk mengubah cara penyajian makanan tersebut seperti mengganti gula yang ada dengan sirup maple. Kurangi ukuran porsi makanan favorit Anda dan jadikan dessert sebagai hadiah dari menu diet diabetes yang sedang dijalani.

Mitos Diabetes 7: Diabetes adalah Hukuman Mati.

Pemahaman ini sangatlah tidak benar. Perkembangan diabetes tergantung dari bagaimana Anda berusaha mengelola asupan nutrisi yang masuk kedalam tubuh. Mengikuti gaya hidup sehat dan pola makan yang teratur akan menjauhkan Anda dari diabetes.

Demikian beberapa mitos yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat.

Share artikel ini:

Artikel Terkait