Berikut Penyebab Gigi Ngilu yang Penting Diketahui

Penyebab gigi ngilu ternyata juga disebabkan oleh banyak hal. Jika Ibu pernah mengalami gigi ngilu, perlu diketahui bahwa dari sekian banyak penyebab gigi ngilu, ada beberapa faktor yang dipengaruhi oleh tingkat kebersihan hingga usia seseorang.

Penyebab gigi ngilu umumnya diperkirakan sebagai bagian dari rasa sakit akibat peradangan yang terjadi di sekitar area mulut, bisa juga karena gigi Ibu yang cenderung sensitif sehingga membutuhkan perawatan khusus untuk mengurangi rasa sakitnya. Nah, yuk simak beberapa penyebab gigi ngilu yang perlu Ibu ketahui dan segera dicari solusinya.

  1. Faktor Usia

Faktor usia menjadi salah satu faktor yang tidak bisa dicari solusinya. Gigi ngilu yang disebabkan karena usia yang lanjut membuat rasa nyeri pada gigi serta gusi akan menjadi semakin kuat. Kondisi tersebut lebih dikarenakan gigi yang sudah difungsikan terlalu lama dan mengalami pengikisan email gigi secara perlahan. Dikutip dari buku Tips Cantik dan Sehat Alami: Tips kecantikan dan kesehatan alami, Ibu bisa mengurangi rasa ngilu dengan membersihkan atau menyikat gigi dengan lembut dan menggunakan pasta serta sikat gigi khusus untuk mengurangi rasa sakit.

  1. Gigi Kotor

Kuman adalah sumber dari segala penyakit. Jika sering mengabaikan faktor kebersihan mulut, maka kondisi gigi ngilu akan datang sewaktu-waktu. Sisa makanan yang belum sempat dibersihkan akan berakibat tekanan pada gusi yang membuatnya terasa ngilu.

  1. Adanya Infeksi

Ada juga jenis penyakit periodontal yang berpengaruh pada kondisi kesehatan gigi. Penyakit tersebut menginfeksi jaringan yang berperan menyokong gigi. jika semakin buruk, kondisi ini bisa mengakibatkan penurunan pada gusi.

  1. Kebiasaan

Dikutip dari WebMD, kebiasaan menggertak gigi bisa juga berpengaruh pada semakin tipisnya lapisan terluar pada permukaan gigi. Hal ini bisa menyebabkan rasa sakit pada gigi sekaligus gusi.

  1. Gigi Berlubang

Lubang pada gigi bisa mempengaruhi rasa ngilu tersebut. Apalagi kondisi gigi berlubang lebih sering mengakibatkan kerusakan email serta semakin seringnya meninggalkan sisa makanan. Kondisi gigi berlubang hanya bisa diatasi dengan rajin membersihkan lubang pada gigi tersebut.

  1. Pola Makan

Pola makan yang buruk dengan seringnya mengonsumsi makanan panas dan dingin secara langsung juga bisa mengakibatkan gigi mengalami rasa ngilu. Tidak hanya itu, beberapa jenis makanan lain seperti masam, serta minuman bersoda dan manis juga memicu munculnya rasa nyeri pada gigi dan gusi.

Yuk, perbaiki kebiasaan Ibu demi segera mengatasi masalah gigi ngilu serta menjaga kesehatan gigi secara keseluruhan.

 

 

 

Share artikel ini:

Artikel Terkait