Berkreasi Dengan Kemasan Bekas Susu, Kenapa Tidak?

Apakah Anda selama ini terbiasa membuang kemasan bekas susu bubuk? Pernahkah Anda memikirkan cara lain untuk memperlakukan kemasan itu secara lebih kreatif dan produktif? Kalau melihat apa yang sudah dilakukan oleh sebagian kita terhadap kemasan bekas susu, ternyata ada banyak yang sudah berhasil menciptakan berbagai kreasi kreatif dengan tujuan yang variatif.

Ada yang mengumpulkannya lalu menjualnya dan menghasilkan uang. Ini sederhana dan tidak butuh kreativitas tinggi, tetapi menghasilkan. Ada sebagian yang berhasil mengolah kemasan bekas susu menjadi hiasan atau benda lain yang merubah fungsinya dari fungsi awal sebagai kemasan susu. Sebut saja misalnya ada yang menjadikannya sebagai frame foto, mainan yang menyenangkan, dan masih banyak lagi kreasi kreatif yang bisa dihasilkan.

Ibu bisa mencoba mengajak anak berkreasi dengan kemasan bekas ini. Berkreasi dengan kemasan bekas sangat bagus bagi perkembangan anak selama kita sabar dan tekun menemaninya. Ini akan melatih kreativitas, ketekunan, kepekaan, dan kerjasamanya.

Bahkan jika terus dilatih, tidak menutup kemungkinan akan mendatangkan hasil  ekonomi, seperti yang dicontohkan sebagian kita. Di sisi lain, pemanfaatan kemasan bekas juga sangat sinkron dengan isu go green. Yang paling penting  juga agar bisa menjadi kreatif, menurut Prof. Amabile, dari Harvard University, adalah kemauan, keahlian, dan pola pikir. Kemauan ini harus kuat dan cara memperkuatnya adalah memahami kegunaannya atau menginginkan kegunaan tertentu.

Pola pikir di sini maksudnya harus menerapkan cara berpikir yang kreatif, misalnya sering berimajinasi, berpikir  â€œpasti bisa”,  suka meng-otak atik sesuatu, tidak takut salah, dan lain-lain. Selain itu, anak bisa mencoba membuat berbagai hal sendiri, mainan diantaranya, tanpa perlu membeli. Ini tentunya mendorong anak untuk tidak berlaku konsumtif. Kalau Anda kreatif, maka hampir semua yang bisa dilihat mata Anda akan memunculkan kegunaannya. Dan kalau Anda kreatif, maka anak-anak pun akan ketularan kreatif juga.

Berikut ini adalah salah satu kreasi yang bisa Ibu buat bersama si Kecil dengan memanfaatkan kemasan susu bubuk yang sudah tak terpakai.

Kemasan Untuk Kado Spesial

·         Potong penutup bagian atas kemasan susu bubuk.

·         Buat pola kotak atau oval di bagian atas, di kedua sisi, atau lubangi dengan pembolong kertas.

·         Lipat sisi kiri dan kanan kemasan, sehingga bisa dirapatkan menyerupai paper bag.

·         Robek-robek kertas pembungkus kado atau kertas warna-warni, kemudian rekatkan menutupi seluruh permukaan kemasan dengan menggunakan lem putih. Ibu juga bisa menggunakan potongan gambar yang lucu dari majalah anak yang sudah lama.

·         Setelah tertutup kertas, olesi lagi seluruh permukaan kemasan dengan menggunakan lem putih dan kuas. Ini akan memberikan efek glossy.

·         Gift bag kreasi si Kecil siap digunakan untuk menyimpan kado istimewa bagi Ayah, Nenek, Kakek, atau teman.

Share artikel ini:

Artikel Terkait