@shutterstock

Blackberry Bisa Turunkan Gula Darah?

Buah dengan nama belakang ‘berry’ memiliki banyak sekali varian. Mulai dari strawberry, blueberry, blackberry dan masih banyak yang lainnya. Sebagian besar buah berry memiliki banyak sekali manfaat positif bagi kesehatan, apalagi yang terkandung dalam buah blackberry ini.

Blackberry mengandung banyak sekali nutrisi penting, di antaranya adalah vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin K dan folat. Selain itu, buah yang terbentuk dari kumpulan buah-buah kecil ini mengandung serat dalam jumlah besar serta rendah gula. Kandungan rendah gula inilah yang akan membantu tubuh dalam menjaga keseimbangan gula darah.

Asupan serat sangat dibutuhkan oleh tubuh, terutama bagi penderita diabetes. Setengah cangkir blackberry mengandung 3,7 gram serat, termasuk 1 gram serat larut. Menurut Harvard School of Public Health, wanita membutuhkan 20 gram serat setiap harinya. Sedangkan laki-laki membutuhkan 30 gram serat setiap harinya. Serat tidak bisa dihancurkan oleh sistem pencernaan dan tidak akan menambah jumlah kalori pada tubuh. Bagi penderita diabetes, serat akan membuat tubuh mereka memperlambat perubahan karbohidrat menjadi gula, sehingga gula darah tidak meningkat secara tajam.

Sebuah studi dari Finlandia yang diterbitkan oleh British Journal of Nutrition pada tahun 2010 menemukan, bahwa beberapa buah berry yang dihaluskan mengandung polifenol yang tinggi. Kandungan polifenol yang tinggi akan membuat penyerapan glukosa dalam sistem pencernaan terjadi lebih lama. Akibatnya, gula darah tidak akan mengalami peningkatan dan tetap seimbang.

Vitamin K yang terkandung dalam blackberry, bisa mencukupi 36 persen kebutuhan vitamin K dalam tubuh. Vitamin K dalam tubuh akan membantu proses pembekuan darah dan menguatkan tulang. Selain itu, jika Anda sedang hamil, vitamin K akan membantu menghilangkan mual dan muntah yang sering menyerang tubuh.

Selain vitamin K, blackberry juga kaya akan vitamin C. Blackberry memiliki kandungan vitamin C dua kali lebih banyak dari blueberry. Dalam tubuh manusia, vitamin C berperan sebagai antioksidan yang melindungi tubuh dari berbagai macam ancaman radikal bebas, sehingga tubuh senantiasa terhindar dari serangan penyakit.

Konsumsi blackberry secara rutin yuk untuk mencegah penyakit gula datang mendekat.

Share artikel ini:

Artikel Terkait