©shutterstock

Buah Merah Bikin Valentine Makin Meriah

Valentine selalu identik dengan cokelat. Tapi makanan satu ini tidak akan cukup memenuhi nutrisi harian Anda. Jadi, bagaiman kalau menambahkan buah-buahan merah agar suasana semakin meriah?

Banyak lho buah merah yang bisa Anda sisipkan sebagai hidangan saat valentine. Selain segar, rasanya juga enak dan pas sekali untuk dinikmati bersama keluarga besar. Mau tahu apa saja buah merah yang cocok dihidangkan saat Valentine? Ini dia.

Strawberry

Buah mungil ini banyak dimanfaatkan sebagai topping atau isian cokelat Valentine. Tapi, tidak ada salahnya juga untuk menyediakan buah manis ini secara segar. Kandungan folat di dalamnya sangat bagus untuk kesehatan jantung dan membantu perempuan di usia subur mereka, ungkap Lona Sandon, Rd, asisten profesor nutrisi di University of Texas Southwestern Medical Center di Dallas. Selain folat, strawberry juga punya banyak kandungan antioksidan dan vitamin C yang bagus untuk membangkitkan energi dalam tubuh. Saat kumpul bersama keluarga, sajikan strawberry segar dengan lelehan cokelat atau krim keju agar rasanya lebih nikmat.

Cerri

Buah merah selanjutnya adalah cerri. Selain sebagai hiasan di kue ulang tahun, cerri juga banyak dimanfaatkan sebagai sirup yang manis di lidah. Felicia Busch, RD, seorang ahli gizi di St. Paul, Minn, dan penulis The New Nutrution from Antioxidants to Zucchini mengatakan, cerri memiliki serat yang sangat tinggi. Cerri juga kaya akan vitamin C serta potassium yang dapat membantu menjaga tekanan darah. Di pagi hari tambahkan beberapa buah cerri dalam sereal si kecil agar nutrisi hariannya tercukupi.

Semangka

Meskipun berkulit hijau, buah ini memiliki daging berwarna merah yang menyegarkan. Lezat sekali ketika dinikmati di hari yang terik dengan tambahan es batu dan madu. Sandon mengatakan kalau semangka merupakan sumber lycopene. Zat gizi ini dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan kadar kolesterol dalam tubuh. Semangka juga berkhasiat untuk menurunkan risiko kanker seperti kanker prostat dan kanker degenerasi makula.

Selain sehat, buah-buahan juga memiliki beragam manfaat yang bagus untuk kesehatan. Rasanya juga tak kalah lezat dari cokelat. So, jangan lupa sajikan buah-buah merah ini saat valentine nanti ya.

Share artikel ini:

Artikel Terkait