Cara Mengatur Pola Diet Sehat

Menurunkan berat badan dengan cara diet, harus dilakukan dengan tepat agar tubuh tidak mudah sakit dan lemas. Pertama, harus diketahui terlebih dahulu apa yang menyebabkan berat badan cepat naik, sehingga bisa memilih pola diet sehat yang tepat. Biasanya, kenaikan berat badan terjadi bila jumlah kalori yang dikonsumsi melebihi jumlah kalori yang dibakar melalui aktifitas sehari-hari.

Bila hal tersebut penyebabnya, maka yang perlu dilakukan adalah pola diet sehat rendah kalori. Yaitu, mengurangi makan makanan berkalori dan juga diselingi dengan berolahraga. Pola diet sehat adalah mengurangi konsumsi makanan tertentu, tanpa mengurangi asupan nutrisi ke tubuh secara drastis. Ingat, tubuh juga masih butuh energi dari makanan untuk beraktifitas sehari-hari.

Berikut adalah hal-hal yang harus diingat saat melakukan pola diet sehat:

1. Perbanyak Konsumsi Makanan Sehat

Saat menerapkan pola diet sehat, perbanyak konsumsi makanan sehat yang kaya vitamin dan nutrisi penting lainnya untuk tubuh. Seperti sayur-sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan dan protein dari ikan dan ayam serta daging. Makanan-makanan tersebut juga mengandung banyak serat sehingga bisa melancarkan sistem metabolisme tubuh yang membantu mengembalikan berat badan jadi lebih ideal. Pastikan juga makanan yang dikonsumsi memenuhi auspan karbohidrat agar tubuh memiliki energi untuk beraktifitas.

2. Jangan Melakukan Perubahan Drastis

Kebanyakan kesalahan dalam diet adalah mengurangi atau merubah pola makan secara drastis. Tubuh butuh waktu untuk beradaptasi, sehingga mengurangi makan secara drastis adalah langkah ekstrim dan tidak sehat untuk memulai diet. Lakukan perubahan secara perlahan-lahan, dan lihat reaksi tubuh terhadap perubahan tersebut. Banyak yang melakukan diet dengan tidak makan nasi sama sekali, padahal nasi mengandung karbohidrat yang sangat dibutuhkan tubuh. Pola diet sehat bisa dengan mengganti, bukan menghilangkan asupan makanan ini. Misalnya, mengganti nasi dengan jagung, kentang, atau nasi merah yang kandungan seratnya lebih besar dari nasi putih biasa.

3. Hindari Makanan Olahan

Untuk memastikan diet lebih sehat adalah dengan tidak terlalu banyak makan makanan olahan atau yang mengandung pengawet. Makanan-makanan ini biasanya mengandung lebih banyak kalori daripada makanan biasa, sehingga bisa menggagalkan diet. Ganti juga cemilan biasanya dengan cemilan yang lebih sehat, seperti buah-buahan dan kacang-kacangan.

4. Banyak Minum Air Putih

Pola diet sehat adalah yang tetap memperhatikan kondisi cairan dalam tubuh. Bila tubuh merasa lemas atau tidak bertenaga meskipun sudah mengonsumsi makanan-makanan yang sehat, bisa jadi karena tubuh dehidrasi akibat kekurangan cairan.

Perbanyak minum air putih saat diet. Meminum satu gelas air putih bisa membantu membakar kalori sebanyak 24%-30%. Selain itu, tubuh juga terjaga tetap segar dan bugar sepanjang hari.

Share artikel ini:

Artikel Terkait