vote

Cara Tepat Mencegah Penyakit Gondongan

Penyakit gondongan merupakan salah satu jenis penyakit yang dapat saja menyerang si Kecil. Tentu Ibu bertanya-tanya virus apakah yang mengakibatkan penyakit tersebut. Gondongan atau yang dikenal dengan istilah Parotitis Epidemika ini disebabkan oleh infeksi virus yang bernama paramyxovirus.

  • Rate Artikel ini

Penyakit gondongan merupakan salah satu jenis penyakit yang dapat saja menyerang si Kecil. Tentu Ibu bertanya-tanya virus apakah yang mengakibatkan penyakit tersebut. Gondongan atau yang dikenal dengan istilah Parotitis Epidemika  ini disebabkan oleh infeksi virus yang bernama paramyxovirus.

Sebelum si Kecil terserang oleh penyakit gondongan, maka penting bagi Ibu untuk memberikan pencegahan agar tidak terkena penyakit tersebut. Bagaimana caranya? Ibu dapat berkonsultasi dengan tenaga kesehatan dan kemudian mengajak si Kecil untuk imunisasi MMR (Measless Mumps Rubella) agar memiliki kekebalan tubuh yang baik sehingga tidak mudah terkena infeksi virus tersebut.

Perlu Ibu ketahui, untuk mencegah tertular penyakit tersebut Ibu juga dapat menjaga kebersihan si Kecil, dengan cara selalu mencuci tangan setelah beraktivitas, terutama sebelum si Kecil menyantap sesuatu. Dikutip dari buku Cerdas Mengenali Penyakit dan Obat oleh Ika Puspitasari, seorang dosen Farmasi UGM, yuk sama-sama mari kenali bersama lebih jauh penyakit gondongan ini.

  1. Penyakit gondongan dapat menular melalui percikan air liur yang umumnya berasal dari bersin atau batuk si penderita. Selain itu, si Kecil juga berpotensi tertular jika menyentuh secara langsung benda yang sudah terkena air liur penderita.
  2. Bagi si Kecil yang sudah pernah mengalami penyakit yang satu ini, maka ia pun memiliki kekebalan seumur hidupnya.
  3. Dilihat dari tingkat penularannya, penyakit gondongan tergolong tidak terlalu menular jika dibandingkan dengan dua penyakit yang kerap terjadi pada si Kecil, yaitu campak dan cacar air.
  4. Timbulnya gejala penyakit gondongan umumnya terjadi 12-24 hari setelah terinfeksi.
  5. Penderita penyakit gondongan dapat pulih secara total, walaupun pada beberapa kasus terkadang gejalanya timbul kembali setelah sekitar 14 hari.

Walaupun penyakit ini tidak membutuhkan pengobatan khusus, jangan biarkan si Kecil kehilangan nafsu makan serta kekurangan nutrisi akibat penyakit ini ya, Bu!

Artikel Terkait

Terbaru