Cegah 5 Penyakit Ini Dengan Menerapkan Pola Hidup Sehat

Pola hidup sehat dapat dilakukan dengan beberapa hal, misalnya seperti mengonsumsi makanan sehat dan bergizi, mengutamakan aktivitas fisik, istirahat yang cukup serta mengutamakan kebersihan lingkungan. Adanya perubahan gaya hidup tersebut tentunya dapat menjadi upaya untuk menjaga kesehatan dalam jangka panjang. Selain berdampak pada imunitas tubuh, dengan penerapan perilaku di atas, berikut beberapa penyakit yang dapat diatasi.

  1. Obesitas

Obesitas merupakan gangguan kesehatan yang ditandai oleh penumpukan lemak yang berlebihan di dalam tubuh. Penyebab dari adanya obesitas adalah konsumsi kalori dengan kalori yang dikeluarkan oleh tubuh jumlahnya tidak siembang. Gemar mengonsumsi makanan berlemak serta kurangnya aktivitas adalah dua pola hidup tidak sehat yang dapat memicu gangguan kesehatan ini. Bahkan, obesitas dapat mengarah ke berbagai penyakit yang lebih berbahaya, seperti jantung.

  1. Diabetes

Diabetes adalah penyakit gangguan metabolik menahun yang disebabkan pankreas tidak memproduksi cukup insulin atau tubuh tidak dapat menggunakan insulin yang diproduksi secara efektif. Insulin adalah hormon yang mengatur keseimbangan kadar gula darah. Diabetes terbagi atas diabetes tipe 1 dan tipe 2. Pada tipe 1, tubuh penderita tidak mampu memproduksi insulin sehingga hanya tergantung pada pemberian insulin dari luar tubuh. Sedangkan, pada diabetes tipe 2, insulin masih dapat diproduksi di dalam tubuh, namun kerja insulin tidak efektif karena adanya penurunan kemampuan hormon insulin untuk menurunkan kadar gula dalam darah. Kurang berolahraga serta terlalu banyak konsumsi makanan dengan gizi yang tidak seimbang dapat menjadi pemicu diabetes.

  1. Jantung

Pola hidup sehat perlu diterapkan untuk mencegah adanya penyakit jantung. Penyakit jantung umumnya disebabkan oleh merokok, tingkat stress yang tinggi, makanan yang tidak sehat serta kurang olahraga. Pada perokok, aliran darah di dalam jantung berubah menjadi kental karena adanya sel radang yang diakibatkan oleh ampas dari tembakau. Selain itu, mengonsumsi terlalu banyak makanan yang mengandung lemak jahat akan membuat lemak tersebut menumpuk pada pembuluh darah di jantung dan memperlambat aliran darah.

  1. Stroke

Penyakit stroke terjadi ketika aliran darah yang menuju otak berkurang atau terhambat dan akhirnya membuat sel-sel otak menjadi mati. Pada penyakit ini, pola hidup sehat dapat menjadi salah satu solusi untuk mencegahnya karena obesitas, kurang aktivitas fisik, serta konsumsi minuman alkohol secara berlebihan merupakan penyebab stroke.

  1. Hipertensi

Definisi penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi oleh Joint National Committee on Detection, Evaluation, and Treatment of High Blood Pressure adalah tekanan yang lebih tinggi dari 140/90 mmHg. Penyakit ini dapat menjadi awal mula penyakit berbahaya lain, seperti jantung dan stroke. Meskipun berbahaya, penyakit ini terkadang tidak memiliki gejala yang cukup jelas. Rutin berkonsultasi ke dokter mengenai tekanan darah dapat dilakukan agar pengukuran tekanan darah dapat diketahui secara pasti.

Share artikel ini:

Artikel Terkait