@shutterstock

Cek Kadar Gula Darah Anda

Gula darah adalah hal yang sensitif. Sedikit saja salah memberikan asupan nutrisi, gula darah akan mengalami peningkatan, terutama bagi Anda yang memiliki masalah diabetes. Bagi penderita diabetes, jika gula darah mengalami penurunan, tubuh tidak akan bisa menyesuaikan jumlah gula untuk kembali ke tingkat normal. Jadi, mereka harus secara rutin memeriksakan gula darah ke dokter dan mendapatkan pengobatan secara teratur.

Anda termasuk orang sibuk? Jangan khawatir, cek kadar gula darah bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Untuk mengecek gula darah sendiri, dibutuhkan alat pengukur gula darah, atau biasa disebut glucometer. Secara mendasar, kadar gula darah manusia selalu berubah setiap waktunya. Setelah makan kadar gula darah dalam tubuh akan mengalami peningkatan. Jika gula darah terus meningkat, akan sangat sulit untuk dikendalikan.

Saat berpuasa, kadar gula darah manusia berada pada angka 70 hingga 110 mg/dl. Sedangkan, pada waktu 2 jam setelah makan, kadar gula darah akan berada di angka kurang dari 200 mg/dl. Sudah siap untuk mengecek gula darah sendiri? Ikuti langkah-langkah berikut ini:
1. Siapkan glucometer, alkohol, kapas, lancet atau jarum, alat penusuk, dan tes strip.
2. Pastikan lancet atau jarum penusuk bersih dan steril dari kuman dan kotoran lainnya. Kalau bisa usahakan jarum penusuknya baru.
3. Cuci tangan Anda hingga bersih dari kotoran dan kuman.
4. Masukkan jarum yang masih baru dan steril kedalam alat penusuk. Perlu diketahui bahwa jarum hanya boleh digunakan sekali.
5. Pilih mana ujung jari yang akan ditusuk. Sebelumnya, bersihkan dulu ujung jari-jari Anda agar tidak menyebabkan infeksi. Jangan menggunakan ibu jari dan kelingking.
6. Selanjutnya, tusukkan jarum ke ujung  jari Anda dan tunggu sampai keluar darahnya.
7. Masukkan test strip yang belum kadaluwarsa kedalam glucometer.
8. Basahi ujung test strip dengan darah yang keluar dari ujung jari Anda. Pastikan tidak sampai melebih batas yang telah ditunjukkan oleh test strip.
9. Nah, setelah itu, glucometer akan mulai bekerja. Glucometer yang mulai bekerja akan ditandai dengan munculnya hitungan waktu yang akan menunjukkan hasil pengukuran.
10. Selagi menunggu hasil, bersihkan jari Anda dengan kapas dan alkohol untuk menghindari infeksi. Hasil angka yang muncul pada glucometer akan menunjukkan berapa kadar gula darah Anda.


Tidak sulit bukan? Anda bisa melakukan pengecekan gula darah tanpa harus repot-repot ke dokter. Tapi, pastikan juga alat yang digunakan bersih dan steril agar tidak menyebabkan Anda terkena infeksi.

Share artikel ini:

Artikel Terkait