@shutterstock

Daftar Sayuran Tinggi Gula

Sayuran memang baik bagi kesehatan Anda, tetapi beberapa di antaranya mengandung kadar gula yang tinggi. Mengetahui sayuran yang memiliki sejumlah indeks glikemik tinggi adalah informasi yang berharga. Semakin tinggi indeks glikemiknya, maka akan semakin banyak pula gula yang masuk dalam tubuh Anda. Oleh karena itu, kenali sayuran dengan kadar gula tinggi berikut ini.

Kentang
Menurut American Heart Association sayuran berakar seperti kentang mengandung 3,8 gram gula per 100 gramnya. Kebanyakan sayuran yang tumbuh dalam tanah memiliki indeks glikemik yang tinggi. Itulah mengapa sayuran ini dapat meningkatkan gula darah dengan cepat.

Jagung manis
Dilihat dari namanya saja sudah manis ya, pasti mengandung kadar gula yang tinggi untuk tubuh. Selain itu, jagung adalah salah satu sayuran yang mengandung pati. Semua sayuran yang mengandung pati adalah jenis sayuran dengan indeks glikemik tinggi.

Tomat
Dalam tomat terkandung asam sitrat yang pada dasarnya manis dan termasuk dalam jenis sayuran dengan indeks glikemik tinggi. Bagi Anda penderita gula darah, jauh-jauh dari sayur yang satu ini ya.

Bawang
Hampir seluruh masakan di dunia menggunakan bawang sebagai bumbu utama. Namun, tahukah Anda jika bawang mengandung 4-5 gram gula pada setiap butirnya? Kurangi jumlah bawang pada bumbu masakan Anda ya.

Cabai
Kandungan vitamin C pada cabai setiap 100 gram nya  adalah 400 persen vitamin C, tetapi cabai juga mengandung 5 gram gula. Walaupun lebih manis, paprika merah, hijau dan kuning hanya mengandung 2,4 gram gula.  

Dengan lebih mengenali berbagai macam sayuran dengan indeks glikemik tinggi, Anda akan lebih selektif lagi untuk mengonsumsi makanan yang aman untuk para penderita diabetes. Semoga bermanfaat ya.

Share artikel ini:

Artikel Terkait