@shutterstock

Di Balik Lezatnya Muffin, Tersembunyi Gula Melimpah

Wangi muffin hangat dipadu dengan manisnya teh di sore hari merupakan kombinasi yang pas untuk melewati senja. Beberapa muffin mengandung zat besi, folat, dan serat. Tetapi muffin juga bisa lho mengandung banyak gula. Kandungan gula yang banyak akan membuat gizi yang ada pada muffin berkurang. Namun, bukan berarti Anda tidak boleh makan muffin, karena dengan pengolahan yang tepat, satu muffin tidak akan mengganggu kesehatan Anda.

Bagaimana hubungan gula dan muffin yang bisa mempengaruhi kesehatan Anda sekeluarga?

Gula
Setiap muffin memiliki kadar gula yang berbeda-beda. Satu muffin blueberry berukuran sedang bisa mengandung sekitar 37 gram gula atau setara dengan 9 sendok teh. Dalam konsumsi gula harian, wanita hanya boleh mengonsumsi 6 sendok teh gula. Sedangkan laki-laki hanya boleh mengonsumsi 9 sendok teh gula. Konsumsi gula yang berlebihan akan mempengaruhi keseimbangan gula darah, sehingga membuat tubuh rentan mengalami gangguan kesehatan.

Gula dan Kesehatan
Meskipun gula memberikan energi untuk tubuh, gula tidak harus selalu hadir dalam menu makanan Anda. Di sisi lain, gula sama sekali tidak memiliki kandungan nutrisi, sehingga kalori yang diberikan gula hanyalah kalori kosong. Konsumsi gula yang terlalu banyak akan membuat berat badan mengalami kenaikan. Selain itu gula yang terlalu banyak juga menyebabkan kadar trigliserida meningkat. Trigliserida adalah lemak yang menempel pada arteri. Jika kadar trigliserida dalam tubuh meningkat, Anda akan rentan terkena risiko gangguan kesehatan, seperti gangguan kardiovaskular.

Gula Tambahan
Beberapa bahan tambahan bisa menyebabkan kadar gula muffin menjadi tinggi. Contohnya adalah chochochips. Seperdelapan cangkir chochochips menambahkan 11 gram gula pada muffin. Hal yang sama juga terjadi pada kismis.

Tips
Salah satu cara mengurangi konsumsi gula pada muffin adalah dangan memilih muffin ukuran mini. Satu buah muffin blueberry mini hanya mengandung 5,5 gram gula, muffin jagung mini mengandung 1,3 gram gula, dan satu buah muffin oat mengandung 1,4 gram gula.

Cara lain untuk menghindari gula yang berlebihan pada muffin adalah dengan membuatnya sendiri. Anda bisa mengganti gula dengan bahan alternatif dan menghiasnya dengan pemanis rendah gula.

Share artikel ini:

Artikel Terkait