Diet yang Baik dan Benar, Bukan Tidak Makan

Selain berolahraga, cara lain menurunkan berat badan adalah dengan melakukan diet. Diet merupakan cara mengatur pola makan, apa saja yang masuk ke dalam tubuh agar seimbang. Tentunya, pola diet sehat adalah diet yang bukan sekedar mengurangi makanan, melainkan memperhatikan keseimbangan nutrisi yang masuk ke tubuh, seperti mineral dan vitamin.

Pola diet sehat bukan sekedar menurunkan berat badan secara cepat. Bila salah dilakukan, bisa membuat tubuh lemah tak bertenaga, serta jadi mudah sakit. Kebanyakan orang ingin berat badannya cepat turun, sehingga melakukan diet ketat yang tidak sehat, seperti sama sekali tidak mengonsumsi karbohidrat atau mengurangi asupan kalori secara drastis.

Pola diet sehat juga bukan berarti sama sekali tidak makan. Banyak yang memulai diet dengan tidak makan pagi, atau melewatkan waktu makan siang dan makan malam. Padahal, tubuh yang aktif butuh asupan gizi dari makanan yang dikonsumsi secara berkala. Tidak makan sama sekali bukan solusi yang tepat untuk mengurangi berat badan.

Cara yang tepat adalah dengan tetap makan pagi, siang dan malam secara teratur. Yang harus diperhatikan adalah porsi setiap waktu makan. Mengurangi sedikit porsi makan bisa berpengaruh banyak terhadap berat badan, tanpa membuat tubuh jadi lemas karena kekurangan nutrisi dan gizi. Selain itu, ganti cemilan biasanya dengan cemilan yang lebih sehat, seperti buah-buahan atau kudapan rendah kalori. Diet pun jadi lebih sehat tanpa membuat tubuh jadi lemas.

Pola diet sehat juga dengan memastikan makanan yang masuk ke tubuh dapat mencukupi kebutuhan nutrisi sehari-hari. Misalnya, makan pagi dengan sarapan kaya karbohidrat, karena tubuh butuh energi yang dihasilkan karbohidrat untuk beraktifitas. Lengkapi dengan susu agar tubuh tetap kuat dan sehat untuk menjalani aktifitas seharian.

Kemudian saat makan siang, pilihlah makanan yang lebih banyak mengandung serat dan protein. Serat bisa membantu melancarkan metabolisme tubuh, sehingga berat badan akan lebih stabil. Protein bisa jadi sumber energi alternatif, dan jangan lupa banyak minum air putih agar tubuh tidak dehidrasi saat melanjutkan aktifitas.

Saat makan malam, pilihlah makanan yang mengandung sayur-sayuran dan buah-buahan. Saat makan malam, perlu asupan rendah lemak agar lemak tidak menumpuk dalam tubuh saat beristirahat. Sayur dan buah-buahan tepat untuk sumber vitamin sehingga tubuh siap kembali beraktifitas keesokan harinya.

Jangan lupa juga untuk rajin berolahraga dalam mendukung pola diet sehat, sehingga hasilnya lebih terasa. Tubuh kuat dan sehat pun bisa dicapai dengan mudah.

Share artikel ini:

Artikel Terkait