Eits, Jangan Kelamaan Simpan Makanan Dalam Kulkas

Lemari pendingin atau kulkas memang bisa membuat makanan terjaga lebih lama tetapi jangan terlalu lama, karena akan berpengaruh buruk terhadap kualitas makanan dan juga kesehatan Anda lho. Tujuan dari penyimpanan di kulkas adalah agar bahan makanan tidak tercemar bakteri, virus dan hama penyebab kebusukan. Namun, tidak semua bahan makanan bisa disimpan di dalam kulkas. Ada juga bahan makanan yang malah rusak jika disimpan dalam kulkas.

Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui bagaiamana cara menyimpan bahan makanan di kulkas yang baik dan benar.

Tidak menyimpan buah yang belum masak di dalam kulkas

Alpukat, pisang dan mangga adalah buah yang tidak kunjung masak bila disimpan dalam kulkas. Mereka butuh udara yang lebih hangat untuk mempercepat proses pematangan. Oleh karena itu, untuk buah-buahan tertentu sebaiknya jangan disimpan dalam kulkas.

Usahakan makanan dalam kulkas dalam keadaan tertutup

Agar tidak memicu perkembangan mikroba, bungkus makanan dengan plastik atau simpan dalam wadah kedap udara. Hal ini penting untuk menghindari pembusukan makanan dalam kulkas. Khusus untuk sayur dan buah berkulit tipis seperti anggur, berry, kentang dan tomat harus disimpan dalam wadah yang kedap udara agar tidak membusuk.

Cara peletakan makanan dalam kulkas

Usahakan untuk tidak meletakkan makanan dan bahan mentah secara berdekatan. Selain mikroba akan mencemari makanan, aroma dari bahan mentah tersebut juga bisa terpapar ke makanan juga. Kelemahan dari mengonsumsi makanan yang disimpan dalam kulkas adalah sayuran dan buah-buahan yang tak lagi segar sempurna. Hal ini juga membuat buah dan sayur yang dikonsumsi kualitasnya menurun.

Jadi, kalau bisa menikmati buah selagi segar kenapa harus disimpan dalam kulkas.

Share artikel ini:

Artikel Terkait