Faedah Probiotik Bagi Tubuh

Seringnya tayangan di TV yang mengulas tentang probiotik, mungkin membuat Anda tidak begitu asing dengan istilah ini. Probiotik adalah salah satu jenis bakteri baik yang berfungsi mengoptimalkan kondisi kesehatan. Bakteri jenis ini mampu membantu melawan bakteri jahat yang bersarang dalam tubuh.

Probiotik ini sendiri merupakan mikroorganisme yang banyak tinggal di saluran pencernaan. Di dalamnya, bisa ditemukan mikrobiota yang jahat dan penyebab infeksi juga ada yang baik dan dibutuhkan untuk menjaga keseimbangan ekosistem usus. Contoh bakteri probiotik yang baik yaitu Bifidobacteria dan Lactobacillus. Probiotik yang mendominasi usus dapat menjadi indikator kesehatan saluran cerna si kecil.

Sacara umum, probiotik memiliki beberapa manfaat untuk tubuh. Semua manfaat tersebut terfokus dalam satu lokasi, yaitu saluran pencernaan. Misalnya saja, mencegah kanker usus besar, mengobati infeksi tukak lambung dan mencegah diare. Selain itu, probiotik ini juga dapat meningkatkan penyerapan mineral dan vitamin dalam tubuh Sehingga, bisa meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah pertumbuhan bakteri berbahaya yang ada di dalamnya.

Guna mendapatkannya, Anda perlu memberikan asupan yang tepat bagi si kecil. Di antaranya, Anda bisa menyajikan keju, cokelat hitam dan tahu yang merupakan makanan sumber probiotik. Manfaatkan keju sebagai pelengkap saladnya yang segar. Gunakan cokelat hitam sebagai bahan utama brownis kukus. Dan, tahu yang bisa Anda kreasikan sebagai lauk-pauk yang kaya sumber protein. Atau, bisa juga sebagai camilan lezat dan bergizi tinggi untuk waktu ngemilnya.

Share artikel ini:

Artikel Terkait