vote

Fakta Asam Folat, Kandungan Wajib Pada Makanan Ibu Saat Hamil

Untuk menyambut adanya kehadiran si kecil, berbagai hal perlu dipersiapkan, termasuk menyiapkan nutrisi terbaik setiap harinya selama masa kehamilan agar si kecil dapat melalui proses tumbuh kembang dengan sehat. Salah satunya adalah, asam folat yang perlu terkandung dalam menu sehat ibu hamil sehari-hari.

  • Rate Artikel ini

Kehamilan merupakan sesuatu yang dinantikan oleh tiap pasangan. Untuk menyambut adanya kehadiran si kecil, berbagai hal perlu dipersiapkan, termasuk menyiapkan nutrisi terbaik setiap harinya selama masa kehamilan agar si kecil dapat melalui proses tumbuh kembang dengan sehat.

Asam folat merupakan salah satu nutrisi yang perlu terkandung dalam menu sehat ibu hamil sehari-hari.  Berikut fakta-fakta terkait salah satu mikronutrien asam folat yang perlu Ibu ketahui :

  1. Asam folat ternyata tidak hanya dikonsumsi pada masa kehamilan, tetapi pada saat merencanakan kehamilan sampai pada masa menyusui. Pada saat masa menyusui, Ibu membutuhkan asam folat sebesar 500 mcg.
  2. Asam folat memang dapat diperoleh dari bahan makanan yang bersifat alami pada menu sehat ibu hamil, seperti hati, sayuran hijau, daging tanpa lemak, serealia utuh, biji-bijian, kacang-kacangan, dan jeruk. Apabila tidak dapat dipenuhi dari pola makan sehari-hari, kebutuhan asam folat juga dapat ditunjang dengan konsumsi suplemen dengan dosis lebih tinggi.
  3. Memasukkan sumber asam folat ke dalam menu sehat ibu hamil dapat memberikan Ibu beberapa manfaat seperti menurunkan resiko terjadinya kelainan pembentukan tabung saraf, serta mengurangi resiko cacat pada bayi.
  4. Walaupun asam folat dibutuhkan dan bermanfaat bagi ibu hamil, segala sesuatu yang berlebihan tetap bersifat tidak baik. Berdasarkan penelitian dari John Hopkins University, mengonsumsi asam folat secara berlebihan tidak disarankan karena kelebihan asam folat dapat meningkatkan resiko autisme pada anak.
  5. Jika Ibu mengalami kekurangan asam folat, beberapa gejala yang dapat dialami umumnya serupa dengan gejala anemia, seperti lemas, pusing, mudah lelah, berat badan turun, diare, bahkan kehilangan nafsu makan.

Dengan manfaatnya yang beragam untuk kesehatan Ibu dan si kecil, pastikan kebutuhan asam folat terpenuhi ya, Bu. Jangan lupa untuk tetap berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter untuk mengetahui dosis asam folat yang tepat dengan kebutuhan serta kondisi kesehatan Ibu.

Artikel Terkait

Terbaru