@shutterstock

Fakta Diabetes di Indonesia

Dewasa ini, usia bukan menjadi patokan orang dapat terbebas dari ancaman diabetes. Maraknya gaya hidup yang kurang sehat juga menjadi faktor penyebab penyakit gula ini kini mulai rata hinggap dalam segala usia. Bahkan, fakta mengejutkan tentang diabetes ini sudah banyak mewarnai ragam penyakit di Indonesia. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia menyebutkan bahwa satu dari seratus orang di Indonesia yang berusia di atas 15 tahun sudah mengidap penyakit diabetes melitus.

Bukan hanya itu saja, Kemenkes juga menginformasikan bahwa satu dari sepuluh penduduk diketahui mengidap pradiabetes. Ironisnya, mayoritas masyarakat banyak yang tidak mengetahui bahwa dirinya sudah terkena diabetes melitus. Lebih detil, angka kejadian atau prevalensi dari diabetes melitus di Indonesia sendiri dapat diketahui dari informasi yang dihimpun dari Riset Kesehatan Dasar di Indonesia yang dilakukan pada tahun 2007.

Pada kelompok usia 25 hingga 34 tahun, orang yang mengalami diabetes melitus sebanyak satu orang dari jumlah 50 orang. Pada rentang usia 35 sampai 44 tahun, penderita diabetes melitus semakin meningkat, yaitu satu dari 20 orang. Semakin usia bertambah, maka risiko mengalami penyakit ini juga semakin meningkat. Hal ini dapat diketahui dari kelompok usia pada tahun 45 hingga 54 tahun yang memiliki rentang risiko satu orang dari 10 orang mengalami diabetes melitus.

Demikian juga dengan bentang usia 50 tahun ke atas, risiko mengalami diabetes melitus semakin besar. Dari lima orang penduduk, satu di antaranya mengalami diabetes melitus. Kejutan ini tidak berhenti sampi di sini saja. Masih ada tanda awal dari penyakit diabetes melitus yang dikenal sebagai pradiabetes. Pada usia 25 sampai 34 tahun, ada tujuh orang yang mengalami pradiabetes dari 100 orang. Setingkat lebih lanjut, satu dari 10 orang akan mengalami pradiabetes pada rentang usia usia 35 hingga 54 tahun.

Sedangkan untuk usia 55 tahun ke atas, orang yang akan mengalami pradiabetes satu dari lima orang penduduk di Indonesia. Dari sini Anda bisa mengetahui bahwa diabetes melitus ini juga sangat rentan menyerang usia produktif. Cobalah untuk mendeteksi kadar gula dalam darah Anda secara rutin. Jika perlu lakukan check-up secara berkala ke dokter Anda. Dengan begitu, kepastian tentang tidak adanya penyakit diabetes melitus dalam tubuh Anda dan juga keluarga bisa diketahui sejak dini.

 

Share artikel ini:

Artikel Terkait