vote

Fakta-fakta Penyakit Gondongan pada Anak yang Perlu Ibu Tahu

Penyakit gondongan juga bisa dialami oleh si Kecil yang memang rentan terhadap peradangan dan pergantian cuaca. Tentu gondongan pada anak ini akan jadi kecemasan tersendiri bagi Ibu.

  • Rate Artikel ini

Gondongan atau dalam dunia medis disebut sebagai parotitis termasuk penyakit yang disebabkan oleh virus paramyxovirus. Virus ini menyerang kelenjar ludah dan ditandai dengan bengkaknya pipi serta rasa sakit di sekitar tenggorokan. Penyakit gondongan juga bisa dialami oleh si Kecil yang memang rentan terhadap peradangan dan pergantian cuaca. Tentu gondongan pada anak ini akan jadi kecemasan tersendiri bagi Ibu. Untuk mengatasi kecemasan Ibu, berikut ini terdapat beberapa fakta terkait penyakit gondongan pada anak. Dengan begini Ibu akan memahami beberapa hal terkait gondongan pada anak dan tidak mudah panik nantinya. Yuk, Ibu simak!

  1. Lebih ringan untuk anak-anak

Menurut data National Foundation for Infectious Diseases, gejala gondongan ternyata lebih berat jika dialami orang dewasa. Artinya, pada si Kecil yang terdiagnosa penyakit gondongan maka gejalanya bisa lebih ringan seperti demam ataupun mengalami pembengkakan. Gejala ini bisa berangsur membaik seiring dengan pemberian obat tertentu yang diberikankan dokter untuk mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan.

  1. Dapat menjadi penyebab tuli

Dilansir dari buku Principles of Medicine in Africa, fakta lain menyebutkan bahwa gondongan bisa saja menyebabkan tuli bagi penderitanya. Kondisi tersebut juga tidak langsung terjadi karena bergantung pada penanganan serta kondisi si Kecil yang mungkin rentan terhadap penyakit tertentu.

  1. Mudah menular

Penyakit gondongan termasuk penyakit yang menular, terutama melalui air ludah. Kondisi ini semakin rentan jika penyakit gondongan memang menyerang si Kecil. Ibu pasti mengamati tingkah si Kecil yang mungkin kurang memperhatikan lingkungan sekitar serta kurang menjaga kebersihan bukan? Nah, itulah yang bisa meningkatkan risiko penularan penyakit ini. Penyakit ini dapat menular apabila seseorang yang terinfeksi batuk, bersin, berbicara, serta berbagi peralatan makan dan minum.

  1. Dapat dicegah

Secara umum pencegahan suatu penyakit yang disebabkan oleh virus adalah dengan menggunakan vaksin. Gondongan juga termasuk di dalamnya Ibu. Jadi, tidak perlu cemas untuk melakukan tindakan pencegahan penyakit gondongan pada anak karena Ibu bisa membekali si Kecil dengan vaksin. Menurut buku Vaksinasi oleh dr. JB Suharjo B. Cahyono, Sp.PD ,sejak berusia 12-15 bulan. Imunisasi MMR atau Measles, Mumps, & Rubella juga harus diulang kembali saat si Kecil berusia 4-6 tahun.

Beragam spekulasi mengenai dampak panjang penyakit gondongan pada anak memang mengerikan menurut orang yang belum mengetahuinya. Dengan mengetahui fakta di atas, Ibu pun jadi mengetahui bahwa gondongan sebenarnya dapat dicegah dengan penanganan yang tepat.

Artikel Terkait

Terbaru