vote

Fakta-Fakta Terkait Kram Pada Bagian Perut

Kram perut memang suatu gejala sakit yang pastinya tak diharapkan oleh siapapun. Rasa sakit di bagian perut terasa begitu nyeri.

  • Rate Artikel ini

Kram perut memang suatu gejala sakit yang pastinya tak diharapkan oleh siapapun. Rasa sakit di bagian perut terasa begitu nyeri. Biasa kram perut seperti ini kerap sekali dirasakan oleh Ibu di masa menstruasi. Sebab hal ini berkaitan erat dengan Pre Menstruation Syndrom (PMS). Rasa sakit ini kadang membuat banyak Ibu merasa begitu kesakitan hingga sulit beraktivitas. Sehingga butuh cara mengatasi kram perut dengan tepat.

Seperti tak bisa dihindari bila sudah menjadi gejala penyerta dalam menstruasi. Disebutkan dalam buku Serba Serbi Kesehatan Perempuan : Apa yang Perlu Kamu Tahu tentang Tubuhmu, bahwa sepertiga dari perempuan ternyata mengalami nyeri atau kram perut selama menstruasi. Rasa nyeri ini disebabkan oleh kontraksi rahim ketika terjadi peluruhan lapisan endometrium.

Saat proses peluruhan inilah lapisan rahim mengeluarkan prostaglandin yang menyebabkan rasa nyeri atau kram pada Ibu yang tengah menstruasi. Rasa sakit yang dirasakan masing-masing Ibu pastinya berbeda. Bahkan ada yang merasa teramat sakit sehingga butuh pengobatan khusus sebagai cara mengatasi kram perut ini.

Tapi kadang ada sebagian Ibu yang mengeluhkan sakit kram perut meski tak sedang haid. Hal ini akan menjadi suatu kekhawatiran bagi para Ibu. Tentu hal yang paling pas dilakukan adalah segera memeriksakan diri ke dokter apabila rasa kram perut yang Ibu rasakan semakin buruk dalam waktu yang singkat atau bahkan tidak kunjung sembuh dan sembuh sementara saja. Pemeriksaan lebih lanjut perlu dilakukan guna mengetahui diagnosa sebenarnya, penyebab dan cara mengatasi kram perut yang Ibu rasakan tersebut dengan tepat. Sebab kram perut yang muncul di luar menstruasi bisa jadi ada kemungkinan masalah lain yang dialami oleh tubuh. 

Artikel Terkait

Terbaru